Uncategorized

Jenis Sablon yang Bagus Untuk Baju

Setiap jenis sablon memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan beberapa jenis sablon seperti Rubber, Plastisol, Discharge, Super White dan sablon dengan teknik Printing atau yang sering disebut dengan Sablon Digital.

Ini pada dasarnya juga baik untuk kemeja atau t-shirt dan semuanya masih menjadi kebutuhan konsumen. Agar tidak bingung, ada baiknya membaca informasi di bawah ini tentang kelebihan dan kekurangan Sablon Manual dan Digital.

Anda sedang membutuhkan konveksi jogja profesional? Yuk bisa kunjungi tautan tersebut.

Keunggulan Sablon Manual

Teknik sablon manual atau teknik sablon yang menggunakan peralatan seperti sablon, rak dan lain sebagainya, umumnya proses sablon masih menggunakan keahlian manusia yang melakukan.

Kalaupun teknik sablon ini dilakukan secara manual atau dengan tenaga manusia, tetap ada hasil dan proses sablon yang bagus, ada apa sebenarnya?

1. Sablon Manual Harga Lebih Terjangkau

Kami rasa menggunakan sablon manual untuk bisnis start-up adalah pilihan yang tepat, kenapa? Karena biaya sablon manual lebih mahal dari sablon digital. Sehingga bisa menekan biaya produksi agar lebih efisien dan bisa berekspansi

2. Jika Menggunakan Banyak Warna Agak Sulit Pada Detailnya

Salah satu kelebihan sablon manual adalah hasil sablon bisa lebih awet atau awet, warna yang dihasilkan juga awet dan tidak mudah pudar.

Selain itu, desain yang telah dibuat dan dicetak menggunakan sablon manual juga akan lebih awet, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan mudah rusak setelah digunakan dan dicuci. Namun, agar lebih siap dan tahan lama, Anda juga perlu memperhatikan cara merawatnya

3. Hasil Lebih Bagus

Beberapa pengrajin sablon manual mengatakan bahwa hasil sablon manual lebih sempurna, kenapa tidak? Karena sablon yang dilakukan dengan teknik manual ini bisa lebih detail sehingga hasil yang didapat bisa lebih sempurna.

Karena pembuat sablon juga merupakan tangan manusia yang kreatif, maka keakuratannya tidak perlu diragukan lagi karena para pengrajin sablon akan lebih memperhatikan hasil sablon secara detail dan presisi.

4. Cocok untuk sablon massal/banyak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk menggunakan sablon manual, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak karena biaya yang dibutuhkan tidak terlalu banyak atau lebih terjangkau.

Dengan harga yang terjangkau seperti ini, jika Anda ingin menggunakan sablon manual untuk kebutuhan produksi besar atau produksi massal Anda tidak masalah.

Biasanya teknik sablon ini sebenarnya digunakan untuk produksi kaos berukuran besar karena harganya yang terjangkau

5. Matching color bisa sampai 80-95%

Jika Anda menggunakan sablon manual, hasil warna yang didapat bisa 80-95% sama dengan desain yang Anda buat. Karena proses pencampuran warna dilakukan secara manual, tidak melalui komputerisasi

6. Sablon Manual Lebih Variatif

Menggunakan teknik sablon manual, memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai variasi sablon manual dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan produksi Anda. Karena sablon manual memiliki jenis yang berbeda seperti Rubber, Plastisol, Superwhite atau debit (hilangkan warna)

Kekurangan Sablon Manual

Jika Anda melihat beberapa kelebihan di atas, mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk memilih sablon ini sebagai variasi untuk kaos Anda.

Namun meski memiliki beberapa kelebihan, teknik sablon manual juga memiliki kekurangan. Namun, dengan kekurangan ini, bukan berarti sablon manual tidak bagus.

Beberapa kekurangan tersebut juga dapat digunakan untuk membandingkan dan sebaiknya ketika memilih produksi, mengetahui seluk beluk secara detail termasuk kelebihan dan kekurangan proses, termasuk juga proses sablon.

1. Pengerjaan Sablon Manual Tidak Bisa Satuan

Faktanya sablon manual lebih cocok untuk produksi massal atau dalam jumlah banyak. Jadi, jika ingin membuat kaos dengan teknik sablon manual dengan jumlah sedikit atau harga satuan tetap akan mahal.

Jadi jangan heran jika ingin menggunakan sablon manual, tentunya akan ada minimal order sebanyak 1-2 lusin sekaligus untuk 1 desain kaos.

2. Sablon Manual Lebih Awet atau Tahan lama

Kelemahan kedua sablon manual adalah sablon jenis ini masih belum bisa mencetak gambar atau desain yang memiliki kombinasi warna.

Karena detail desain dan warna yang dihasilkan biasanya tidak terlalu detail, sehingga hasilnya tidak maksimal dan mengurangi estetika desain yang telah dibuat karena detail yang sedikit dan banyak warna yang tidak dapat ditutupi oleh sablon manual.

3. Proses Sablon Manual membutuhkan waktu

Berbeda dengan sablon digital yang bisa menunggu proses karena bisa dikerjakan hanya dalam beberapa jam, sablon manual membutuhkan waktu lebih lama, bahkan lebih dari 4 jam, apalagi jika ingin memproduksi kaos sablon dalam jumlah banyak.

Jadi, jika Anda menginginkan proses sablon yang lebih cepat, sablon manual bukanlah pilihan yang tepat dan Anda dapat menggunakan sablon digital untuk mencetak sablon lebih cepat, namun sebenarnya harga sablon digital akan berbeda dengan sablon manual, sehingga Anda dapat harus menyiapkan anggaran yang lebih besar jika ingin menggunakannya. sablon digital

4. Proses Sablon Manual Memiliki Banyak Tahapan

Mengapa sablon manual membutuhkan waktu lebih lama daripada sablon digital? Karena tahapan proses sablon cukup banyak, tidak bisa diselesaikan hanya dalam waktu 2 jam.

Karena harus ada proses setting film, pembuatan print film, sablon, penjemuran, dll. Jadi langkah-langkahnya cukup luas dan memakan waktu

5. Sablon Manual Mudah Retak Jika Pengerjaan Tidak Rapi

Mencetak sablon secara manual membutuhkan konsentrasi dan ketelitian yang tinggi, karena jika tidak, hasil sablon akan berantakan dan mudah retak.

Makanya, kalau print sablon manual sambil santai, siap, kaos yang dipajang tidak akan bertahan lama.
Berbeda dengan sablon digital yang bisa menunggu proses karena bisa dikerjakan hanya dalam beberapa jam, sablon manual membutuhkan waktu lebih lama, bahkan lebih dari 4 jam, apalagi jika ingin memproduksi kaos sablon dalam jumlah banyak.

Ketahui juga yuk jenis bahan hoodie yang bagus.

Jadi, jika Anda menginginkan proses sablon yang lebih cepat, sablon manual bukanlah pilihan yang tepat dan Anda dapat menggunakan sablon digital untuk mencetak sablon lebih cepat, namun sebenarnya harga sablon digital akan berbeda dengan sablon manual, sehingga Anda dapat harus menyiapkan anggaran yang lebih besar jika ingin menggunakannya. sablon digital.

Penjelasan bahan pakaian yang bisa digunakan untuk kaos atau pakaian lainnya serta jenis sablon yang cocok dan bagus untuk kaos ini, semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari informasi tentang bahan pakaian dan jenis sablon. Muga-muga bermanfaat.

Comments Off on Jenis Sablon yang Bagus Untuk Baju