Jenis-Jenis Teks Ulasan dan Penjelasannya

 

Jenis-jenis teks resensi dan penjelasannya – Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para resensi atau resensi buku. Oleh karena itu, informasi yang diberikan harus jelas.

Selanjutnya dapat menarik pembaca untuk dapat berpikir kritis terhadap hasil resensi atau teks resensi.

Bahkan pembuat teks ulasan dapat memberikan ulasan yang persuasif atau mengundang dan memiliki sikap kreatif saat menyusun teks ulasan atau ulasan buku.

Perlu diketahui bersama bahwa resensi atau penulis teks resensi perlu menguasai isi buku atau karya sastra dari teks resensi atau resensi.

Tujuannya adalah untuk mencermati dengan menyampaikan apa yang patut atau tidak patut diapresiasi buku tersebut.

Dengan cara ini Anda bisa menemukan kekuatan dan kelemahan sebuah buku, dan memastikan apakah itu kebenaran atau pepatah lama.

Menurut Saryono, ada dua jenis teks resensi atau resensi buku, tergantung media atau forumnya. Yang dikatakan Saryono (dalam Dalman (2014:232) adalah teks ulasan ilmiah dan teks ulasan ilmiah populer.

Kedua jenis penafsiran tersebut dikemukakan oleh Saryono, dimana teks ulasan atau telaah ilmiah dimaksudkan untuk menggunakan prosedur ilmiah tertentu, menggunakan acuan atau acuan, dan bahasa resmi serta diuraikan secara lengkap.

Sedangkan makna teks ulasan ilmiah populer tidak menggunakan referensi atau acuan tertentu.

Tak hanya itu, isi teks ulasan ilmiah populer kerap menyampaikan hal-hal yang dianggap menarik. Bahkan dalam pengantarnya tidak terlalu disebutkan bahasa resmi atau baku.

Baca Juga : Jasa Publikasi Jurnal

Melihat penafsiran Saryono terhadap dua teks ulasan, tidak sulit untuk melihat perbedaan di antara keduanya.

Perbedaan kedua jenis resensi atau teks resensi adalah bahasa yang digunakan dan tata cara penulisannya.

Jenis teks komentar

Jenis dan interpretasi teks komentar

Berdasarkan isi atau teks resensi yang disajikan atau isi resensi, teks resensi atau peringkat buku ada tiga jenis, yaitu sebagai berikut.

  1. Teks komentar yang informatif

Apa yang dimaksud dengan teks ulasan informatif, dengan sesuatu di dalamnya mengacu pada sebuah buku.

Seringkali, isi teks ulasan informatif berisi ringkasan dan penjelasan tentang isi buku atau kutipan buku tersebut.

  1. Teks ulasan evaluatif

Makna teks resensi evaluasi terutama mencakup evaluasi teks resensi atau resensi isi buku atau hal-hal yang berkaitan dengan buku.

Informasi tentang isi buku biasanya digunakan secara sederhana, dan terkadang hanya sebagai ilustrasi.

  1. Teks ulasan evaluatif informatif

Teks ulasan informatif-evaluatif mengacu pada kombinasi teks ulasan atau kedua jenis teks ulasan atau ulasan informatif dan teks ulasan atau ulasan evaluatif.

Menurut Saryono, jenis teks resensi ini menyajikan evaluasi terhadap teks resensi atau resensi terhadap isi buku di samping menyajikan semacam rangkuman buku atau hal-hal penting yang relevan yang terkandung di dalam buku tersebut.

Berdasarkan 3 jenis teks ulasan, jenis teks ulasan adalah yang paling ideal karena memberikan pelaporan, peringkat, dan pertimbangan yang komprehensif.

Oleh karena itu, ketika menulis teks resensi atau resensi buku, cerpen, novel, film, drama atau dongeng, penulis teks resensi sering menggunakan tipe teks resensi informasi-evaluasi atau resensi.

Ini bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan pemilihan jenis review text atau informasi review comment menggabungkan dua jenis review text atau review, yaitu review text atau informasi reviewer dan review text atau review review.

Tinjauan atau teks ulasan evaluasi informatif memiliki isi pembelajaran yang lebih lengkap dibandingkan dengan dua teks ulasan atau ulasan lainnya.

Jenis resensi atau teks resensi ini memberikan ringkasan buku dan penilaian terhadap teks resensi atau resensi buku, termasuk melihat kelebihan dan kekurangan buku.

Menurut Daniel (dalam Dalman, 2014: 233-234), teks resensi atau resensi dibagi menjadi dua jenis, teks resensi atau resensi buku nonsastra dan teks resensi atau resensi buku sastra.

Jenis resensi buku nonsastra atau teks resensi membahas, mendeskripsikan, dan mengevaluasi buku nonsastra.

Resensi tekstual atau resensi buku nonsastra dapat disajikan dalam bentuk resensi informatif, evaluatif, atau informatif. Resensi Meteks atau resensi buku sastra hampir sama dengan mengapresiasi sebuah karya

literatur

Hal ini terjadi karena bahan/unsur pembentuk sebuah karya sastra berbeda dengan buku nonfiksi.

Dalam buku sastra (karya sastra), terdapat unsur internal dan eksternal. Dua hal inilah yang menjadi fokus utama penilaian buku sastra.

Oleh karena itu, informasi tentang komentar tekstual dan jenis interpretasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Itu saja, terima kasih. Salam berbagi teman.