Informasi

Jenis-Jenis Cincin Pernikahan Berdasarkan Bahannya

Acara pernikahan merupakan momen yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Maka dari itu Anda harus mempersiapkannya matang-matang. Cari tau apa saja yang perlu dipersiapkan agar acara Anda lancer hingga tips memilih cincin pernikahan.

Jenis-Jenis Cincin Pernikahan Berdasarkan Bahannya

Cincin pernikahan sangat penting ada untuk acara pernikahaan karena barang ini menjadi simbol pemersatu antar mempelai. Maka dari itu pilihlah jenis cincin yang sesuai dengan Anda serta mampu bertahan lama karena nantinya akan digunakan setiap hari Anda.

Berikut beberapa jenis cincin pernikahan berdasarkan bahannya yang harus Anda tahu:

1. Cincin Perak

Jenis cincin ini sangat cocok untuk Anda yang ingin cincin rentan pudar serta goresan dari logam lain. Saat ini bahan perak ini banyak digunakan untuk cincin pernikahan karena lebih kuat dan awet.

Selain itu untuk pria muslim yang memang tidak diperbolehkan menggunakan logam emas, kadang memilih cincin perak untuk laki-laki.

2. Cincin Emas Kuning

Emas merupakan bahan yang sangat banyak digunakan untuk cincin pernikahan. Bahkan emas juga banyak digunakan mas kawin. Hal ini dikarenakan kualitas logam ini sangat bagus dan awet. 

3. Cincin Emas Putih

Selain emas kuning, pilihan emas putih juga menjadi primadona saat ini. Hal ini dipilih karena emas putih memiliki pancaran yang lebih bersinar dan indah dibanding emas kuning. Biasanya cincin emas ini dilapisi oleh rhodium yang membuat cincin ini lebih awet dan kuat.

4. Cincin Emas Rose

Berbeda dengan emas kuning atau putih, emas rose ini digunakan untuk mengimbangi emas yang lain. Terbuat dari campuran emas dan tembaga membuat emas ini banyak digunakan untuk cincin pernikahan karena warna yang cantik dan mengandung proporsi tembaga berbeda.

5. Cincin Tungsten Carbide

Ini merupakan logam berat yang sangat tahan gores diantara logam lainnya. Cara memotongnya saja tidak sama seperti logam emas atau perak, cara memotong logam ini menggunakan teknologi laser. Maka dari itu logam ini juga bagus digunakan cincin pernikahan.

6. Cincin Platinum

Cincin platina yang berat dan kuat adalah yang mengandung platina 95%. Kelangkaan dan permintaan yang tinggi membuat bahan ini lumayan mahal. Namun jika Anda melakukan nikah dalam islam bahan cincin ini bisa digunakan untuk mempelai pria atau keduanya.

Selain itu bahan ini juga tahan keausan dan korosi, jadi tidak menyebabkan alergi. Itulah sebabnya bahan platinum ini banyak dicari untuk cincin pernikahan.

Penutup

Demikian tadi beberapa jenis cincin pernikahan sesuai dengan bahannya. Pilihlah bahan sesuai dengan Anda, jika Anda seorang muslim dimana hukum islam tidak memperbolehkan pria menggunakan emas maka pilihlah logam lainnya yang diperbolehkan.

Carilah juga tips memilih cincin pernikahan seperti desain, harga, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar Anda tidak menyesal kemudian hari karena salah pilih cincin pernikahan. Semoga bermanfaat.

Comments Off on Jenis-Jenis Cincin Pernikahan Berdasarkan Bahannya