Properti

Jangan Asal Begini Cara Mengecat Dinding Rumah yang Benar

Ingin mengecat dinding rumah Anda? Ruangan tanpa cat atau hiasan pada dinding tentu akan terlihat tidak rapi dan tidak terlihat estetis. Selain mempercantik ruangan, cat tembok akan membantu mencegah hujan dan juga kebocoran pada tembok.

Sekarang untuk hiasan dinding, Anda tidak perlu membayar untuk menyewa tukang dan Anda bisa melakukannya sendiri. Lalu, bagaimana cara mengecat dinding rumah dengan mudah dan benar agar hasilnya menyenangkan? Yuk, praktekkan cara berikut ini.

1. Siapkan Permukaan Tembok

Sebelum mulai mengecat, pastikan terlebih dahulu permukaan yang akan dicat kering dan bersih, bebas dari debu, kotoran dan minyak. Selain itu, lubang kecil atau retakan lunak juga harus diperbaiki sebelum pengecatan.

Anda sedang mencari interior apartemen surabaya dan sekitarnya? Bisa menggunakan layanan dari Marcointerior.

Lindungi area yang tidak ingin dicat dengan lakban, kertas, atau lakban. Ini juga menyediakan penghalang antara dinding dan lantai. Ada baiknya juga untuk menutup jendela agar tidak menodai cat. Setelah selesai, segera lepaskan pita perekat sebelum cat tembok mengering agar cat tidak mati.

2. Pelajari Cara Menggunakan Cat

Sebelum mengecat, perhatikan cara menggunakan cat yang benar agar tidak terjadi kesalahan. Aduk cat sebelum digunakan. Gunakan air bersih untuk mengentalkan cat. Untuk lapisan pertama, cat cair dengan takaran 20% dan 10% untuk lapisan berikutnya.

Jangan lupa untuk memakai pelindung mata saat menanam dan melukis. Pastikan juga ada ventilasi yang cukup selama pengecatan dan pengeringan. Jika ventilasi tidak mencukupi, gunakan peralatan pelindung pernapasan yang sesuai. Jika cat mengenai kulit, cuci dengan sabun dan air.

3. Gunakan Teknik Mengecat Zig-Zag

Alat pengecatan seperti rol tidak dapat diterapkan pada semua bagian dinding karena bentuknya yang memanjang. Nah, untuk area yang sulit seperti sudut ruangan, gunakan kuas kecil berukuran dua inci untuk proses pengecatan yang lebih sempurna.

Agar trik mengecat merata, Anda perlu melakukan gerakan zigzag dari atas ke bawah berulang kali hingga dinding tertutup merata. Gunakan 2-3 lapis cat.

4. Bersihkan Peralatan Setelah Digunakan

Segera cuci peralatan dengan air bersih agar lebih awet dan dapat digunakan kembali untuk proses pengecatan selanjutnya. Jika Anda membiarkannya terlalu lama, cat akan mengering dan Anda akan sulit dibersihkan.

5. Simpan Cat dengan Baik

Kemasan cat harus tertutup rapat dan tidak dapat diakses oleh anak-anak. Jika cat tumpah, taburkan pasir atau tanah di area yang tumpah. Ingat, jangan membuang sisa cat ke selokan atau sungai.

Buang sisa cat di area yang diizinkan menurut peraturan yang ada. Menghabiskan uang secara sembarangan bisa merusak lingkungan sekitar, lho. Kemasan cat hanya digunakan untuk menyimpan cat dan tidak dapat digunakan kembali untuk keperluan lain.

6. Pakai Roller untuk Tampilan Unik

Selain menggambar dinding dengan motif polos, Anda juga bisa membuat motif unik dengan menggunakan roller pola. Cara mengecat tembok menggunakan roller juga sangat mudah. Pilih area dinding yang ingin Anda cat dan pastikan lantai dan furnitur di sekitar area ditutupi dengan kain atau koran.

Jika Anda biasanya dapat mengecat dinding secara acak dari awal hingga akhir, pengecatan dengan roller pola harus dilakukan dengan arah yang sama dari awal hingga akhir. Mulailah menggambar dari atas ke bawah dan lanjutkan teknik ini hingga selesai. Hal ini dilakukan agar motif pada dinding tidak roboh.

7. Buat Motif Garis dengan Sapu Jerami

Membuat motif unik di dinding bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan menggunakan alat bantu temporer lho. Untuk melakukan cara menggambar dinding, Anda hanya membutuhkan sapu jerami. Mulailah dengan cat polos terlebih dahulu menggunakan warna yang Anda pilih hingga beberapa lapis.

Kemudian luangkan waktu dan jangan lama-lama agar cat tidak mengering. Selanjutnya gunakan sapu jerami dan pegang dengan kedua tangan sampai rata. Rekatkan ujung bawah sapu jerami ke dinding yang basah. Tarik sedotan dari atas ke bawah hingga membentuk garis lurus.

Marcointerior menyediakan paket interior apartemen surabaya dan sekitarnya.

Cukup mudah bukan? Dengan mengikuti beberapa langkah mudah mengecat dinding bagian atas, Anda bisa mendapatkan tampilan dinding cantik yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk menutup furnitur sebelum mulai mengecat. Semoga berhasil!

Comments Off on Jangan Asal Begini Cara Mengecat Dinding Rumah yang Benar