Kesehatan

Ini Tips Menggunakan Earphone yang Aman dan Nyaman Bagi Kesehatan Telinga

Hingga saat ini, banyak orang yang menggunakan earphone sebagai alat untuk mendengarkan musik, radio, bermain game, atau sekedar untuk menelepon saat kedua tangan sedang sibuk. Namun memang, hingga saat ini tidak banyak orang yang menggunakan earphone secara tidak bijak, hal tersebut dapat menimbulkan efek pada telinga headphone. Mendengarkan musik dengan suara yang keras, bagi sebagian orang bisa membantunya fokus dalam bekerja. Tetapi berhati-hatilah.

Cara penggunaan earphone yang salah dapat menyebabkan pendengaran kita menjadi buruk. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, umumnya 51% anak SMA menderita gangguan pendengaran akibat terpaan musik yang terlalu keras. Penelitian lain yang dilakukan oleh WHO juga menemukan hal yang sama.

Sedang mencari alat bantu dengar? bisa kunjungi pusat alat bantu dengar aqm-hearingcenter.com

Sebagian besar dari 43 juta orang berusia 12-35 tahun mengalami gangguan pendengaran, dan dari beberapa alasan, tidak sedikit 50% kasus terjadi karena penggunaan earphone dengan volume sangat keras. Lantas, bagaimana cara menggunakan earphone yang benar dan aman bagi telinga? Cek artikel bosscha.id sekarang.

Batasi volume dan durasi pemakaian

Volume disarankan untuk menggunakan earphone tidak lebih dari 60% dari volume maksimum. Karena kekuatan suara lebih dari 85 dB (setara dengan suara buldoser) dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Selain volume, durasi penggunaan juga berpengaruh besar bagi kesehatan telinga. Penggunaan yang disarankan 90 sampai 120 menit, tetapi harus diberikan istirahat.

Kami harus melepaskannya beberapa kali agar kami bisa lebih banyak beristirahat. Jika kita sebagai tipe orang yang suka mendengarkan musik kapan saja dan dimana saja, gunakan speaker saat mengemudi atau di rumah.

Hindari penggunaan earphone saat hendak tidur

Tidur dengan earphone akan membuat telinga Anda semakin tertekan karena menerima gelombang suara yang besar dari penggunaan earphone. Mendengarkan musik sambil tidur dengan earphone membuat otak kurang gelisah.

Selain itu, gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh earphone juga diklaim dapat merusak sel-sel di otak. Jika Anda tidur dengan earphone masih menyala, mau tidak mau akan menimbulkan efek pada telinga, karena sepanjang malam dan pagi telinga tidak berhenti.

Yuk ketahui proses mendengar dan mekanismenya.

Pilih earphone yang memiliki kemampuan noise blocking

Secara sederhana, pemblokiran suara juga dapat memblokir suara eksternal. Earphone dengan kemampuan ini memungkinkan kita mendengar suara dengan jelas tanpa harus memperbesar volume untuk mengalahkan suara di luar headphone. Jadi, kami akan mendengarkan musik atau apa pun dengan volume rendah.

Jangan gunakan earphone saat sedang di jalan raya

Biasanya pengguna pejalan kaki atau pengendara sepeda motor sering menggunakan earphone saat berjalan atau berkendara. Dan ini jelas merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kecelakaan. Karena pada umumnya kita tidak dapat mendengar suara klakson mobil atau suara lainnya sehingga dapat meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan.

Comments Off on Ini Tips Menggunakan Earphone yang Aman dan Nyaman Bagi Kesehatan Telinga