Indonesia, Brasil, dan Kongo Bikin Aliansi Penyelamatan Hutan Hujan Tropis

Tiga negara dengan hutan tropis terluas di dunia, yakni Brasil, Republik Demokratik Kongo, dan Indonesia, telah sepakat untuk bekerja sama. Sekitar 52% hutan tropis dunia terdapat di ketiga negara tersebut.

Pada Senin, 14 November 2022, mereka secara resmi mengumumkan kerjasama untuk bekerja sama menyelamatkan hutan. Kemitraan ini muncul setelah beberapa dekade diskusi tentang pembentukan aliansi tripartit.

Pada Agustus 2022, Luiz Inácio Lula da Silva, yang nantinya akan terpilih kembali sebagai Presiden Brasil pada akhir Oktober 2022, berupaya bermitra dengan dua negara hutan hujan besar lainnya untuk mendapatkan negara kaya guna mendanai konservasi hutan hujan. Penghancuran hutan hujan yang cepat, yang bertindak sebagai penyerap karbon melalui vegetasinya yang lebat, melepaskan karbon dioksida yang menghangatkan Bumi, membahayakan target iklim global.

Tujuan kerjasama antara Brazil dengan Indonesia dan Kongo

Memulihkan hutan yang telah dibuka sebelumnya akan membantu menghilangkan gas rumah kaca yang sudah ada di atmosfer. Perwakilan ketiga negara menandatangani pernyataan bersama dalam pembicaraan di Indonesia jelang pertemuan G20, atau Kelompok 20 negara industri, mulai Selasa, 15 November 2022 di Bali.

Dalam perjanjian tersebut, aliansi mengatakan negara harus membayar untuk mengurangi deforestasi dan menjaga hutan sebagai penyerap karbon. Negara-negara tersebut juga akan bekerja untuk menegosiasikan “mekanisme pembiayaan baru yang berkelanjutan” untuk membantu negara-negara berkembang melestarikan keanekaragaman hayati mereka, serta meningkatkan pendanaan di bawah program REDD+ PBB untuk mengurangi deforestasi.

referensi :  https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5126632/indonesia-brasil-dan-kongo-bikin-aliansi-penyelamatan-hutan-hujan-tropis

editor : dafit