Hasil Piala Dunia 2022, Kebahagiaan Arab Saudi & Tunisia, Raja Salman Beri Libur Rayakan Kemenangan

Kemenangan Arab Saudi Kejutan Terbesar dalam Piala Dunia

Hasil Piala Dunia 2022, tak ada yang lebih membahagiakan bagi para pendukung Arab Saudi dan Tunisia saat ini. Bagaimana tidak, Arab Saudi sukses mengalahkan Argentina di laga perdana penyisihan grup C Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Qatar, Selasa (22/11/2022) petang. Arab Saudi mengalahkan Argentina dengan skor 2-1, dan merupakan hasil yang mengejutkan untuk publik.

Sementara pada pertandingan lain, Tunisia menahan imbang tanpa gol (0-0) Denmark dalam pertandingan yang intens di Stadion Education City Stadium, malam harinya WIB. Pada tahun 2018, masih ingat dalam bayangan bagaimana Korea Selatan mengalahkan juara bertahan Jerman dengan skor 2-1.

Korea Selatan ketika itu dilatih oleh pelatih Timnas Indonesia saat ini yang tak lain adalah Shin Tae-yong. Sedangkan untuk Piala Dunia 2022, Herve Renard giliran yang mengejutkan dunia. Strateginya terbukti ampuh meredam perlawanan Lionel Messi dan kolega.

Lihatlah hasil offside dari pemain Argentina yang mencapai 10 kali, angka tersebut paling tertinggi dibandingkan laga Piala Dunia lainnya. Hal itu menunjukkan bagaimana disiplinnya lini pertahanan Arab Saudi, serti garis tinggi pertahanan yang mereka emban untuk menjegal lawan memasuki sepertiga akhir lapangan.

Tak hanya itu, efektif serangan mereka juga solid, terbukti dengan hanya 3 percobaan dua di antaranya berbuah gol sekaligus menghentikan rekor 36 pertandingan tak terkalahkan Argentina.

“Ini sepak bola. Terkadang hal benar-benar gila,” ucap Herve, dikutip dari Aljazeera.
“Semua bintang mendukung kami,” jelasnya.

Kebahagian Tunisia

Kemenangan ini mengingatkan pada Piala Dunia 1990, di mana Kamerun sukses mengejutkan publik setelah mengalahkan Argentina di Italia. Untuk merayakan kememangan tersebut, Kamerun mengumumkan hari libur nasional keesokan harinya, baik untuk para pekerja dan sekolahan.

Begitu juga dengan Arab Saudi, menurut laporan Aljazeera, Raja Salman mengumumkan libur umum bagi para pekerja di sektor umum dan swasta, serta pelajar di kerajaan untuk merayakan kemenangan Arab Saudi atas Argentina.

Tak ayalnya Arab Saudi, Tunisia yang bermain imbang saat melawan Denmark dalam penyisihan grup D Piala Dunia 2022 begitu euforia. Suasana di dalam stadion hampir sulit dijabarkan. Suporter Denmark berada di tengah lautan suporter Tunisia yang berpakaian merah-putih, menurut laporan Aljazeera.

Hal itu terasa menggetarkan. Sepanjang pertandingan, suporter Tunisia bernyanyi, menari dan berteriak pada wasit, mencerta setiap keputusan yang bertentangan dengan tim mereka.

Referensi : https://www.tribunnews.com/piala-dunia-2022/2022/11/23/hasil-piala-dunia-2022-kebahagiaan-arab-saudi-tunisia-raja-salman-beri-libur-rayakan-kemenangan