Jangan Sampai Salah! Inilah Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Memasang Panel Tenaga Surya

Panel tenaga surya memiliki berbagai manfaat sebagai salah satu sumber alternatif energi listrik. Dalam memasang panel surya, Anda harus mengetahui cara-cara pemasangan panel surya yang baik dan benar. Jika salah saat memasang, panel surya tidak dapat bekerja dengan optimal. Untuk menghindarinya, ini dia beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasang panel surya.

2 Hal Utama yang Harus Diperhatikan Saat Pemasangan Panel Surya

1. Lokasi Panel Surya

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tempat pemasangan panel surya. Pilihlah lokasi tempat pemasangan yang sering mendapat paparan sinar matahari secara langsung. Dengan banyaknya sinar matahari, panel surya akan bekerja dengan maksimal sehingga menghasilkan sumber energy listrik yang bisa Anda nikmati setiap harinya.

Lokasi Instalasi panel surya yang paling disarankan adalah  di atap rumah. Atap rumah dipilih karena merupakan lokasi yang selalu terkena sinar matahari. Pastikan juga atap yang dipilih bebas dari bayangan maupun bangunan yang menghalangi agar kinerja panel surya lebih optimal.

2. Lengkapi Komponen-komponen Panel Surya

Agar panel tenaga surya memiliki jangka waktu pemakaian yang panjang, pastika untuk memiliki komponen-komponen panel surya yang berkualitas baik. Untuk mendapatkan komponen-komponen panel surya ini, Anda dapat membeli komponen yang dibutuhkan di perusahaan yang memiliki kredibilitas baik, menawarkan garansi, dan memiliki jasa pemasangan yang profesional.

Inverter adalah salah satu komponen yang dibutuhkan saat akan memasang panel surya. Selain membutuhkan inverter, Anda juga harus menyiapkan dudukan panel surya atap, kabel serta alat pengaman kelistrikan seperti circuit breaker. Sebagai tambahan, Anda juga perlu untuk menyiapkan alat pertukangan seperti obeng, bor listrik dan kunci L.

Dudukan panel surya dibutuhkan karena panel surya yang dipasang di atap harus menggunakan dudukan tersebut. Dudukan panel surya ini biasanya terbuat dari bahan aluminium. Kemudian, panel surya akan disambung secara seri. Sambungan panel surya ini kemudian dihubungkan dengan inverter.

Inverter ini akan mengkonversi arus listrik searah (DC) yang dihasilkan oleh panel surya menjadi arus listrik bolak-balik (AC) yang nantinya menjadi energi listrik yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari. Inverter kemudian dihubungkan ke instalasi kelistrikan rumah dan di pasanglah alat proteksi atau keamanan listrik circuit breaker.

Setelah menyelesaikan semua tahap pemasangan tersebut dan instalasi dapat dipastikan bahwa aman, selanjutnya dilakukan testing dan commissioning untuk memastikan panel surya dapat bekerja dengan semestinya. Setelah dirasa aman dan bekerja dengan optimal, barulah panel surya dapat digunakan untuk menghasilkan energy listrik yang dapat Anda nikmati.

Itu dia 2 hal terpenting saat akan memasang panel tenaga surya. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan panel surya, Anda bisa menggunakan produk dari SUN Energy. SUN Energy menawarkan berbagai produk panel surya dengan harga terjangkau dan DP 0% sehingga dapat menguntungkan Anda.

Informasi lengkap mengenai layanan kunjungi : https://sunenergy.id