Gempa Lagi dari Laut Banda, Ini Data dan Penjelasan BMKG

Gempa Lagi dari Laut Banda, Ini Data dan Penjelasan BMKG

BMKG menjelaskan gempa yang kembali dirasakan mengguncang di wilayah Maluku pada Kamis malam, 17 November 2022. Rabu, 16 November 2022 14:40 WIB Tangkapan layar peta guncangan gempa bermagnitudo 5,6 yang terasa di wilayah Enggano, Bengkulu, Rabu (16/11/2022) pukul 13.00 diperkirakan berpusat sekitar 81 kilometer Barat Laut Kepulauan Aru.

Gempa berasal dari Laut Banda, tepatnya 81 kilometer barat laut Kepulauan Aru. BMKG memperbarui informasi kekuatan gempa itu dari semula di sebutkan M5,0 menjadi 4,8.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa tektonik berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang wilayah Enggano, Bengkulu akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng IndoAustralia ke Lempeng Eurasia.

Pusat Gempa Berasala Dari Kedalaman 31 KM

Pusat gempa ini disebutkan berasal dari kedalaman 31 kilometer dan bisa dirasakan pada skala III MMI di Pulau-Pulau Aru, daerah Aru Utara dan daerah Sir-Sir, Kepulauan Aru.06 Bujur Timur dengan episentrum gempa berkedalaman sekitar 31 kilometer. Skala III MMI diperuntukkan bagi kekuatan gempa yang getarannya bisa dirasakan di dalam rumah seakan ada truk melintas.01 WIB wilayah Enggano, Bengkulu diguncang gempa tektonik,” kata Plt.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas di zona sumber gempa Graben Aru,” bunyi keterangan yang dibagikan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, setelah kejadian gempa itu.05 Lintang Selatan – 134.

Dia menambahkan tak terjadi tsunami hingga pukul 13.00. BMKG mencatat gempa magnitudo 5 memiliki potensi dampak yang sangat ringan (very light) dengan getaran yang moderat.

Gempa dari Laut Banda sebelumnya berkekuatan Magnitudo 5,2, pada Selasa, 15 November 2022, pukul 14.03 WIB. Ia mengemukakan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,74 Lintang Selatan, 100,72 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 184 kilometer arah Barat Laut Enggano, Bengkulu pada kedalaman 10 km.

Tak ada tsunami namun guncangan saat itu bisa dirasakan sampai skala IV MMI. Gempa berpusat di kedalaman 251 kilometer, pada koordinat yang berjarak 250 kilometer arah timur laut Maluku Barat Daya, Maluku.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” katanya.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,”.

Referensi : https://tekno.tempo.co/read/1658162/gempa-lagi-dari-laut-banda-ini-data-dan-penjelasan-bmkg