Gempa Cianjur, Surya Paloh Dorong Pemerintah Perbaiki Rumah Warga yang Rusak

Surya Paloh Turut Berduka Cita

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyampaikan duka citanya atas bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 yang mengakibatkan ratusan warga di Cianjur, Jawa Barat, tewas. Surya Paloh berdoa agar para korban diterima di sisi Tuhan. Ia juga berharap keluarga korban yang ditinggalkan diberi ketabahan.

“Partai Nasdem menyampaikan duka citanya yang mendalam. Semoga mereka yang meninggal adalah golongan orang-orang yang mendapatkan rahmat dan kemuliaan di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa, dan mereka yang ditinggalkan senantiasa diberi kekuatan dan ketabahan,” ujar Paloh dalam keterangannya, Selasa (22/11/2022).

Selain itu, Surya Paloh mendoakan korban yang mengalami luka-luka bisa segera sembuh. Kemudian, ia mendorong pemerintah agar mampu memberikan pelayanan yang memadai dan fasilitas perbaikan tempat tinggal yang rusak akibat gempa. Selanjutnya, Paloh meminta Indonesia dengan segala kelapangan jiwa, harus mampu mengambil pelajaran atas musibah yang terjadi.

“Kejadian ini harus menjadi pelajaran dan pengingat kembali bagi kita, agar adaptif sebagai komunitas yang meninggali salah satu bagian bumi yang rawan bencana, khususnya gempa. Indonesia, khususnya di Pulau Jawa ini, adalah salah satu tempat yang dikenal sebagai Ring of Fire dunia,” ujarnya.

“Untuk itu, tidak ada jalan lain selain berupaya selaras dan harmoni dengan alam sebagai tempat tinggal kita di dunia ini. Semoga, sebagai bangsa, kita diberi kemampuan untuk senantiasa belajar dan mawas diri atas setiap kejadian yang kita alami dalam kehidupan ini,” kata Paloh lagi.

Partai Nasdem Telah Menyiapkan Beberapa Bantuan

Sementara itu, Surya Paloh mengungkapkan bahwa Partai Nasdem telah menyiapkan dan melakukan beberapa langkah bantuan bagi korban gempa di Cianjur. Di antaranya, menggalang solidaritas sosial guna membantu korban bencana di Cianjur melalui Badan Rescue Nasdem hingga membangun posko-posko bantuan dan dapur umum di beberapa lokasi bencana.

Kemudian, Badan Rescue Nasdem juga akan memberikan layanan konseling bagi korban. Selain itu, Paloh juga menerjunkan Barisan Reaksi Cepat (Baret) Garda Pemuda Nasdem untuk perbaikan infrastruktur.

Referensi : https://nasional.kompas.com/read/2022/11/23/05560061/gempa-cianjur-surya-paloh-dorong-pemerintah-perbaiki-rumah-warga-yang-rusak