permainan bayi
Games,  Informasi

4 Gagasan Permainan Bayi 0-3 Bulan Yang Patut Dicoba

Berbeda dengan anak-anak, tentu mengenali keinginan dan kesukaan bayi cenderung lebih sulit. Bagaimana tidak, bayi belum bisa berkomunikasi seperti anak-anak pada umumnya. Untuk itulah pada orang tua membutuhkan rekomendasi permainan bayi yang sesuai dan bisa menunjang tumbuh kembangnya. Seperti ide permainan yang kali ini dibahas. Apa saja sebenarnya permainan yang  direkomendasikan bagi bayi umur 0 hingga 3 bulan?

1. Menggunakan Matras Bayi

Gunakan matras yang dibuat khusus untuk bayi. Dimana ada banyak mainan tergantung di bagian atas. Tidak hanya itu, di bagian kaki juga cenderung dilengkapi dengan piano untuk melatih koordinasi pergerakan kaki dan pendengaran sang bayi. Saat berada diatas matras bayi ini Anda sebagai orang tua juga bisa melatih kekuatan otot mereka dengan melakukan tummy time. Posisikan bayi dalam keadaan tengkurap untuk beberapa waktu agar bisa melatih otot leher hingga kekuatan tangannya.

2. Boneka Jari

Pernah melihat satu set boneka jari yang dibuat dengan bentuk serta warna yang menarik, bukan? Nah, permainan untuk bayi yang satu ini bisa Anda coba bagi bayi yang masih berada pada fase perkembangan mereka. Bayi yang berusia kurang dari 4 bulan memang belum memiliki penglihatan yang tajam. Namun dengan menggunakan boneka jari dan memainkannya mendekati wajah mereka bukanlah ide yang buruk. Bayi Anda pasti berusaha mengikuti pergerakan boneka jari yang Anda gerakkan tersebut. Dengan ini, maka otot matanya akan lebih terlatih.

3. Senam Motorik

Lakukan senam dengan gerakan ringan untuk kedua tangan dan kaki bayi Anda. Gerakan senam motorik ini akan melatih kemampuan koordinasi otot-otot mereka. Misalnya menyilangkan kedua tangan dan kakinya secara lembut dan bergantian. Permainan ini juga bisa diselingi dengan sesi pemijatan lembut.

4. Menirukan Suara

Sama seperti bermain dengan senam motorik, permainan untuk bayi yang satu ini juga tidak membutuhkan peralatan khusus. Anda hanya perlu menghibur sang bayi dengan beragam bunyi-bunyian yang Anda hasilkan dengan mulut secara manual. Misalnya berkata pada sang bayi tentang suara ayam dan coba tirukan suara ayam tersebut. Sebab, sedari di dalam rahim sebenarnya bayi sudah bisa mendengar.

Demikianlah topik pembahasan kita tentang permainan bayi yang masih berusia 0 hingga 3 bulan. Semoga informasi ini bermanfaat.