Lifestyle,  Tips Trik

Fotografi Close-Up, Makro, dan Mikro, Apa Perbedaannya?

 

Fotografi close up atau Close-Up Photography – berfokus pada membuat objek kecil tampak lebih besar. Baik Anda mencoba memotret wajah subjek, roda gigi jam tangan, atau bakteri kecil, ada berbagai jenis fotografi jarak dekat yang dapat membantu Anda mendapatkan bidikan yang sempurna.

 

Apa itu Fotografi Close-Up?

Fotografi close up mengacu pada bidikan yang di crop secara ketat yang menonjolkan objek dari dekat dan dengan detail yang jauh lebih detail daripada yang biasanya dilihat oleh mata normal manusia. 

Dengan fotografi dari jarak yang lebih dekat, yang juga berarti secara tidak langsung Anda mengurangi bidang pandang, atau sebuah foto akan di dominasi oleh objek, memperbesar ukuran objek, dan menciptakan bingkai yang rapat di sekitar objek. Atau Anda bisa mengambil gambar memotret fotografi jarak dekat dari jauh baik dengan lensa telefoto, lensa zoom, atau lensa apa pun dengan panjang fokus yang lebih panjang. 

 

Tapi dengan menggunakan lensa kamera yang memiliki focal length yang lebih pendek, maka kita akan dapat menangkap area yang lebih luas, memaksa Anda untuk bergerak lebih dekat ke subjek untuk memotretnya dengan jelas (yang bisa jadi sulit untuk memotret satwa liar atau serangga).

Apa itu Fotografi Macro?

Fotografi makro adalah bentuk fotografi yang di ambil dari jarak lebih dekat, pada awalnya dahulu jenis fotografi ini dikembangkan bertujuan untuk dokumentasi penelitian ilmiah dengan objek yang sangat kecil. Jenis fotografi makro ini sebenarnya adalah ketika Anda memotret objek dengan skala perbesaran 1:1, yaitu objek dalam sebuah foto akan tampak lebih dekat dengan ukuran aslinya. 

 

Kebanyakan orang menggunakan istilah “fotografi makro” untuk merujuk pada foto apa pun yang menggambarkan gambar dari dekat dan sangat detail dari hal-hal kecil.

Apa itu Fotografi Mikro?

Fotografi mikro adalah versi fotografi makro yang lebih ekstrim, melebihi kemampuan makro dengan rasio perbesaran minimal 5:1. Fotografi mikro adalah versi pemotretan makro jarak dekat yang ekstrem, menggunakan lensa mikro ataupun dengan cara memasang kamera DSLR ke mikroskop untuk memotret objek yang lebih kecil dari yang mungkin dilihat dengan mata telanjang, dan menangkapnya dengan lensa makro khusus.

Apa Perbedaan Antara Fotografi Close Up, Macro, dan Mikro?

Perbedaan antara fotografi close up, makro, dan mikro bergantung pada rasio pembesaran atau juga dikenal sebagai rasio reproduksi, hal ini mengacu pada rasio antara ukuran objek dalam kehidupan nyata, dan bagaimana gambar terbentuk pada sensor kamera. Dengan fotografi jarak dekat, Anda dapat menggunakan kamera dengan panjang fokus pendek untuk secara fisik dekat dengan subjek Anda, meningkatkan ukuran subjek Anda dengan mengurangi jarak antara subjek dan kamera. Untuk bidikan makro yang lebih dekat, Anda memerlukan perlengkapan tambahan seperti aksesori dan lampiran untuk membantu memperbesar subjek dengan lebih detail.

Untuk mendapatkan informasi ter-update mengenai fotografi close up, kunjungi cakbass.com!

Comments Off on Fotografi Close-Up, Makro, dan Mikro, Apa Perbedaannya?