sport

Federasi Arung Jeram Indonesia Gelar Kejuaraan Rafting Bergengsi

Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia (Pb Faji) bekerjasama bersama dengan Korps Marinir TNI AL akan menggelar Pre World Rafting Championship 2015, di Caldera Adventure Citarik, Kecamatan Cikidang, Sukabumi Jawa Barat terhadap 29 Nopember sampai 3 Desember 2014 mendatang.
Kesibukan ini diadakan untuk menghadapi Kejuaraan Global Arung Jeram World Rafting Championship 2015 di mana FAJI dipercaya jadi tuan tempat tinggal. Kejuaraan yang rencananya akan diikuti team arung jeram paling baik berasal dari 60 Negara ini diadakan di lokasi yang mirip terhadap 28 Nopember sampai 6 Desember 2015.

Ajang Pre World Rafting Championship 2015 akan dijadikan FAJI sebagai tolok ukur keberhasilan pembinaan dan proses regenerasi prestasi atlet-atlet arung jeram Indonesia di kancah internasional dan mempersiapkan semua atlet berasal dari seluruh lapisan untuk menghadapi tantangan kejuaraan internasional.
Dipilihnya Sungai Citarik sebagai ajang lomba karena sebagian hal antara lain volume air sungai tinggi selama musim hujan (Oktober – April), terhadap sementara musim kemarau masih tersedia sebagian rute alternatif yang bisa digunakan, keadaan air sungai hangat bersama suhu 20-28°c, punyai sebagian akses/jalan masuk di sepanjang sungai dan arung jeram sungai elo titik masuk sepanjang sungai untuk media dan penonton dan juga bisa dilalui bersama dengan mobil 2×4, 4×4, sepeda motor atau terjadi kaki.
Materi yang dilombakan baik untuk kategori putra dan putri di dalam Pre World Rafting Championship 2015 ini adalah Sprint, Head to Head, Slalom dan Down River Race. Sprint adalah lomba pengarungan jeda pendek tidak cukup lebih 800 meter untuk kepentingan seeding, berasal dari nomor ini diketahui rangking posisi peserta yang digunakan untuk menentukan masing-masing versus di lomba berikutnya. Head to head adalah lomba adu kecepatan jeda pendek tidak cukup lebih 800 meter. Peserta yang kalah gugur, yang menang akan diadu ulang hingga ke Final. Slalom adalah lomba ketangkasan dimana tiap tiap team mesti melewati gawang disesuaikan bersama dengan urutan nomor. Terdapat dua macam gawang yaitu yang mesti dilalui berasal dari hulu ke hilir (Downstream) atau sebaliknya (Upstream). Nomor ini paling menarik untuk ditonton. Sedangkan Down River Race adalah lomba jeda jauh untuk menguji ketangkasan, ketangguhan dan juga nyali sebab di dalam pengarungan akan melewati jeram-jeram bersama dengan taraf kesulitan IV (Advance).
Team arung jeram Indonesia Malaysia akan menjajal ajang ini yang akan diawali terhadap Senin (1/12) untuk nomor Sprint &Amp; Head to Head, Selasa (2/12) Slalom dan Rabu (3/12) untuk nomor Down River Race.

Comments Off on Federasi Arung Jeram Indonesia Gelar Kejuaraan Rafting Bergengsi