Informasi

Desalinasi Air yang Tepat Bagi Pengelola Wisata di Sekitar Pantai

Desalinasi air yang Tepat Bagi Pengelola Wisata di Sekitar Pantai merupakan solusi yang tepat untuk meraih sumber air tawar bagi pengelola wisata, terutama yang berada di kira-kira pantai. Metode pengolahan air ini dapat merampungkan kasus kekurangan air bersih yang diperlukan untuk kepentingan toilet dan air minum yang kerap dikeluhkan oleh banyak pebisnis, baik itu pengelola pantai, hotel, dan termasuk tempat tinggal makan.

Padahal ketersedian air merupakan keliru satu syarat utama agar roda ekonomi di kira-kira pantai dapat berjalan.

Bahkan menurut laporan berasal dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terhadap th. 2018 menyebutkan, baru kira-kira 66,5% desa di kira-kira pesisir yang memiliki akses air bersih yang cukup. Sisanya, tetap tersedia kira-kira 33,5% atau kira-kira 420 desa pesisir yang kekurangan air bersih. Tentunya perihal berikut tidak dapat berjalan kalau desalinasi air telah tersedia, terutama di kawasan wisata.

 

Baca juga rekomendasi : Macnaught Flow Meter

 

Masalahnya, belum semua pengelola wisata jelas bahwa solusi desalinasi air dapat menjadi penyelamat bisnisnya. Oleh gara-gara itu, kalau Anda memiliki rencana mencari jelas lebih lanjut mengenai desalinasi air di pantai, maka seluk-beluk berasal dari desalinasi air ini perlu untuk diketahui. Berikut penjelasan selengkapnya!

 

Apa Itu Desalinasi Air?
Secara singkat, desalinasi air merupakan proses pembelahan pada air tawar bersama garam yang terkandung di didalam air laut. Proses ini sangat mungkin Anda untuk memproses air sendiri bersama melibatkan sebagian tahap untuk meraih hasil bersifat air tawar yang aman untuk digunakan.

Tidak cuma itu, bersama memanfaatkan teknologi desalinasi air di pantai, Anda termasuk dapat memproses air laut menjadi air minum. Praktis sekali bukan? Mengingat sumber air yang Anda butuhkan untuk usaha yang dikelola tidak dapat habis, pastinya solusi desalinasi air termasuk baik untuk pengembangan jangka panjang berasal dari usaha wisata yang berada di kira-kira pantai.

 

Kelebihan Desalinasi Air

Selain mampu mengubah air laut menjadi air bersih yang lebih aman untuk dikonsumsi, desalinasi air di pantai juga memiliki banyak kelebihan bagi pemilik bisnis wisata di sekitar pesisir. Kelebihan tersebut antara lain:

  • Terhindari dari krisis air, karena pasokan air bersih yang sering tidak menentu di wilayah pesisir, maka teknologi ini dapat menjadi solusinya.
  • Tidak bergantung dari sumber air, seperti air tanah atau pipa PDAM yang belum tentu dapat memenuhi kebutuhan air dari bisnis Anda.
  • Dapat dijadikan air minum, karena melalui proses filtrasi bertingkat, maka ada teknologi khusus yang memungkinkan agar hasil desalinasi air dapat langsung diminum. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh Singapura, yang memanfaatkan air keran untuk konsumsi sehari-hari.
  • Biaya yang lebih terjangkau, berkat adanya teknologi baru yang dikembangkan, desalinasi air tidak lagi hanya dapat diakses industri besar saja, tapi juga sektor pariwisata.

Bagaimana Proses Desalinasi Air Berlangsung?

Tentunya Anda bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya  proses pemisahan garam dari air laut? Perlu Anda ketahui, saat ini ada dua cara yang sering digunakan untuk melakukan desalinasi air di pantai, yaitu:

  • Metode destilasi, yang memanfaatkan proses penguapan untuk menghilangkan kadar garam di dalam air laut. Prinsipnya adalah dengan memanaskan air laut, yang kemudian menghasilkan uap air yang melalui proses kondensasi untuk menghasilkan air bersih.
  • Metode penyaringan, dengan memanfaatkan membran penyaring reverse osmosis (RO). Prinsip kerja metode desalinasi air ini adalah dengan mendorong air laut melewati beberapa membran semi-permeable untuk menyaring kadar garam yang terkandung di dalam air.

 

Di antara dua metode di atas, pada umumnya yang banyak digunakan adalah metode penyaringan menggunakan membran RO. Alasannya, karena metode ini lebih efektif untuk menyaring air dalam skala besar. Selain itu, penggunaan membran ini juga lebih hemat energi. Oleh karena itu, biaya yang dikeluarkan untuk desalinasi air di pantai menjadi lebih terjangkau.

Memilih Vendor Instalasi Desalinasi Air yang Tepat

Mungkin Anda dapat menemukan banyak vendor yang menyediakan jasa instalasi desalinasi air. Meskipun begitu, tidak semuanya dapat menjanjikan kualitas yang sama dengan yang tercantum di awal kontrak. Daripada Anda kerepotan, ferindo dapat menjadi solusinya!

Comments Off on Desalinasi Air yang Tepat Bagi Pengelola Wisata di Sekitar Pantai