Desain Taman dalam Rumah untuk Hunian Asri dan Udara Bersih

 

 

Memiliki lingkungan hijau yang asri tentu menjadi dambaan setiap orang. Tanaman hijau membuat suasana ruangan sejuk dan segar. Tidak hanya secara visual, kehadiran tanaman di dalam rumah juga meningkatkan sirkulasi udara. Menerapkan desain taman di dalam rumah merupakan salah satu pilihan yang bisa diterapkan di rumah idaman, wajar saja.

Memiliki taman atau pot tanaman hijau kini menjadi tren gaya hidup sehat. Namun terkadang kita menemui kendala, seperti lahan yang tidak terlalu luas. Pada titik ini, membuat taman mini indoor atau taman di rumah adalah solusinya. Sebuah desain taman dalam sebuah rumah tentunya menghemat lahan dan memberikan rasa keindahan.

Nah kali ini Kania akan memberikan saran desain taman untuk rumah Anda yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk masa depan! Desain taman mana yang bisa Anda terapkan di rumah Anda? Yuk, kita simak bersama!

  1. Desain Taman Dalam Ruangan dengan Bak dan Rak

Berbekal tanaman kecil dan diletakkan di dalam pot, serta rak yang terbuat dari kayu bisa membuat Anda ingin mengaplikasikan desain taman pada rumah di atas.

Baca Juga : Tukang Taman Semarang

Mulailah dengan mencari sudut ruangan yang tidak terpakai. Kemudian, susun rak kayu seperti ini dan letakkan tanaman di dalam pot. Selain pot, Anda juga bisa menggunakan wadah kaca. Selain memberikan kesan rumah yang asri, desain taman rumah ini membuat rumah terlihat asri dan enak dipandang.

  1. Desain taman dalam ruangan dengan partisi kaca

Saat membangun rumah, Anda bisa menyediakan ruangan berupa ruang atau pipa untuk mendesain taman di rumah Anda. Taman ini nantinya akan menjadi focal point unik untuk sirkulasi hunian. Pilih model tubular dengan partisi kaca dan taman siap memberikan kesan unik di dalam rumah.

  1. Desain taman rumah dan sekat ruangan

Desain taman dalam ruangan lain yang bisa Anda coba adalah yang bisa dijadikan sebagai pembatas ruangan. Misalnya, pisahkan ruang keluarga dengan ruang makan.

Untuk desain taman rumah ini, Anda bisa menanam tanaman rambat yang bisa dijadikan sebagai pembatas ruangan. Taman ini akan mampu membuat rumah menjadi lebih segar dan unik.

  1. Desain taman dalam ruangan untuk menyegarkan dapur

Sebagai jantung rumah, dapur merupakan tempat yang sering dikunjungi warga, baik untuk memasak maupun mencari makan. Jika Anda ingin memberikan kesan segar pada mata dengan menambahkan sedikit tumbuhan alami, tidak ada salahnya.

Anda bisa membuat taman mini di dapur Anda menggunakan ruang-ruang seperti rak di area bawah meja dapur. Dengan begitu, dapur akan lebih sehat karena tanaman di taman akan meminimalkan gas atau polutan di dapur. Anda juga bisa menanam tanaman herbal yang bisa digunakan untuk memasak, seperti bawang bombay atau daun mint.

  1. Desain taman di dalam rumah di bawah tangga

Dalam hal ini, ruang putih sangat perlu digunakan dengan bijak. Jadi, jika Anda melihat ruang terbuka di bawah tangga, segera gunakan ruang tersebut untuk mendesain taman di rumah Anda.

Disusun sedemikian rupa, ciptakan area zen dengan penataan tanaman dan batu alam untuk melengkapi desain taman di rumah Anda. Anda bisa memadukan tanaman pembawa hoki, seperti baby bambu, dengan lidah mertua.

  1. Desain taman dalam ruangan dengan pot gantung

Bagi Anda yang memang tidak memiliki ruang kosong untuk membangun taman di rumah, tetap tenang, karena Anda bisa melangkah lebih jauh dengan ide taman pot gantung. Selain tidak memakan tempat karena Anda bisa memasang pot-pot ini di dinding atau partisi rumah, ide desain taman di dalam rumah ini juga bisa menjadi penambah estetika di dalam rumah. Anda bisa menanam sukulen, kaktus, dan tanaman gantung lainnya.

Menerapkan desain taman rumah yang tepat sebenarnya tidak terlalu sulit, bukan? Baik permanen maupun lepasan, keberadaan tanaman hijau di dalam rumah perlu diprioritaskan. Selamat membuat desain taman Anda di rumah!