Cegah Pencurian Selama Mengungsi, Kapolri Instruksikan Kapolda Jabar dan Kapolres Cianjur Patroli 24 Jam ke Rumah Warga

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan Kapolda Jabar dan Kapolda Cianjur untuk melakukan patroli 24 jam di wilayah terdampak gempa.

Instruksi diberikan untuk mencegah kejahatan atau kejahatan pencurian terhadap rumah-rumah korban gempa yang telah meninggalkan mereka saat melarikan diri.

Instruksi Kapolri

“Sebelumnya saya perintahkan kepada Kapolres dan Kapolres untuk melakukan patroli ke rumah-rumah yang saat ini ditinggal masyarakat lalu evakuasi, saya minta dilakukan patroli 24 jam,” ujarnya, Selasa (11/11). 22, 2022). .

Untuk proses evakuasi, kata Listyo, kliennya juga mengerahkan anjing pelacak atau K9. Menurutnya, K9 dikerahkan khusus ke titik-titik lokasi yang belum tersentuh.

“Kami sudah kirim tim K9 untuk membantu karena memang ada beberapa bangunan yang saat ini mungkin belum bisa dievakuasi, sehingga kami perlu membantu K9. Tadi kami mendapat laporan ditemukan 7 orang,” katanya.

Tambahkan staf medis

Dalam kesempatan yang sama, Listyo juga mengaku telah memerintahkan Polri untuk mengirimkan tambahan tenaga medis. Diharapkan sebagian besar korban yang mengalami patah tulang dapat segera ditangani.

“Kami akan mengirimkan dokter tambahan dari markas untuk membantu para korban yang sebagian besar mengalami patah tulang agar bisa dirawat di sini,” ujarnya.

Selain itu, Listyo juga menginstruksikan jajarannya untuk mendirikan tenda darurat. Pada saat yang sama, ia memberikan perawatan trauma bagi para korban.

“Pak Kapusdokkes juga sudah menyiapkan brigade khusus untuk kami ambil tindakan dalam menghadapi gempa,” katanya.

 

referensi :  https://www.suara.com/news/2022/11/22/202312/cegah-pencurian-selama-mengungsi-kapolri-instruksikan-kapolda-jabar-dan-kapolres-cianjur-patroli-24-jam-ke-rumah-warga

editor : dafit