Uncategorized

Cara Merawat Wooden Block Pipa

Cara merawat wooden block pipa  – Penggunaan wooden block untuk pipa pada suatu bangunan atau rumah merupakan aktivitas yang cukup sering dilakukan pada era ini. Mengingat manfaat yang ditawarkan wooden block ini cukup banyak dan dapat membuat sebuah bangunan melaksanakan aktivitas rumah tangganya dengan lebih baik, maka wooden block menjadi bahan wajib yang ada pada suatu bangunan berpipa.

Cara merawat wooden block pipa wajib diketahui mengingat hal yang telah disebutkan di atas. Wooden block memiliki manfaat yang banyak untuk pipa, sehingga diperlukan cara merawat yang baik agar bahan ini bertahan lama menjaga dan memperkuat pipa di bangunan atau rumah.

Cara Merawat Wooden Block Pipa

Sebab, apabila wooden block pada sebuah bangunan ambruk, maka pipa yang disangganya juga ikut ambruk.  Adapun cara yang dimaksud dalam merawat wooden block pipa adalah sebagai berikut:

1.    Sering Melakukan Pemeriksaan Keadaan dari Wooden Block dan Pipa yang ada

Hal pertama yang dilakukan sebagai cara merawat wooden block pipa adalah dengan sering melakukan pemeriksaan keadaan dari wooden block dan pipa yang ada pada sebuah bangunan. Keadaan tersebut apakah masih dalam batas normal atau sedang bahkan dalam keadaan yang buruk maka wajib diketahui setiap waktu.

Adapun jadwal rutin yang ditentukan dalam melakukan pemeriksaan keadaan wooden block pipa tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing. Bisa dilakukan pengecekan tiap 1 bulan sekali, 3 bulan sekali, atau 6 bulan sekali. Yang pastinya, pemeriksaan tersebut tidak lewat waktunya dari 6 bulan sejak pemeriksaan terakhir.

2.    Melakukan Pengencangan Mur atau U – bolt pada klem pipa

Hal selanjutnya yang dilakukan dalam merawat wooden block pipa tersebut adalah melakukan pengencangan mur atau u – bolt pada klem pipa. Pengencangan tersebut ditujukan agar pipa yang dipasangi oleh wooden block tersebut dapat bertahan lama dan tidak menyebabkan pipa tersebut jumping.

Selain itu, pengencangan mur atau u – bolt pada klem pipa dilakukan untuk memperkuat mur yang semula mungkin dipasangkan secara tidak ketat menjadi ketat. Dan, pengencangan tersebut sekaligus dilakukan pemeriksaan akan kondisi mur atau u – bolt yang dimiliki oleh klem pipa atau wooden block pada sebuah rumah atau bangunan.

3.    Memeriksa Wooden Block dalam Keadaan Utuh apa Tidak

Bahan utama wooden block yang terbuat dari kayu merupakan material yang cukup lunak dan memiliki sifat mudah rusak. Sehingga, perlu dilakukannya pemeriksaan akan kondisi wooden block. Apakah material wooden block masih dalam keadaan utuh atau terjadi pelapukan. Jika wooden block tersebut telah mengalami proses pelapukan maka sangat dianjurkan untuk menggantinya.

Waktu pemeriksaan dari kondisi wooden block tersebut dapat disesuaikan atau bahkan sekalian dilakukan pada pemeriksaaan keseluruhan keadaan klem pipa tersebut. Intinya, tetap jaga Kesehatan material tersebut agar kinerjanya tidak terganggu.

4.    Membersikan Wooden Block dan Pipa dari Kotoran

Langkah terakhir dalam perawatan wooden block pipa adalah dengan cara membersihkan wooden block dan pipa dari kotoran yang menghinggap pada kedua material tersebut. Mengingat wooden block terbuat dari kayu, dan pipa memiliki kinerja sebagai pengatur aliran sebuah zat maka kotoran akan mudah menghinggap.

Proses pembersihan ini sebaiknya dilakukan dengan waktu minimal sebulan sekali, mengingat kotoran dapat mengganggu kinerja dari wooden block dan pipa sehingga aktivitas rumah tangga tidak dapat berjalan dengan baik.

Cara merawat wooden block pipa  yang berjumlah 4 hal di atas wajib dilakukan dengan tepat dan baik. Perhatikan setiap caranya secara seksama agar Langkah yang diambil tidak salah dan membuat kinerja wooden block serta pipa tetap berkualitas!

Comments Off on Cara Merawat Wooden Block Pipa