Berita,  blog,  Informasi,  Lifestyle,  pemeran,  Properti,  Tips Trik

Cara Merawat Marmer Yang Benar

Tahukah Anda? Jika batuan jenis Marmer dan granit adalah jenis material lantai yang sangat mewah. Banyak orang yang ingin memiliki lantai menggunakan material marmer di rumahnya. Soal harga tentunya jangan ditanyakan ya, karna Harganya jauh lebih mahal daripada lantai keramik biasa. Ya tentu saja jika ada harga, juga ada rupa, ada harga ada kualitas dong. Meskipun saat ini banyak juga keramik yang dibuat menyerupai batuan alam marmer.

Tapi tentunya marmer asli tetap memiliki tampilan estetika yang sangat mewah. Apalagi jika Anda mendapatkan marmer dari pusatnya seperti Tulungagung. Marmer Tulungagung memang sudah sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Dengan harga yang sangat mahal ini, tentunya Anda jangan sampai melakukan kesalahan perawatan. Mengingat, marmer membutuhkan perawatan yang baik dan benar. Oleh karena itu, Anda harus mengenali terlebih dahulu cara merawat marmer yang benar, supaya dekorasi Anda di rumah tetap indah terjaga seperti rumah baru.

Cara Merawat Marmer Yang Baik dan Benar

Cara Kristalisasi Lantai Marmer Agar Kembali Mengkilap - PPBM

Sebelum Anda mengetahui berbagai cara merawat lantai marmer, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui seperti apa sih material batuan ini. Tahukah Anda? Marmer pada dasarnya merupakan material yang awet meskipun berusia puluhan tahun. Yang menjadi masalah adalah Marmer memiliki pori-pori yang bisa menyerap cairan dan noda. Jadi jika ada noda yang tidak segera dibersihkan, maka akan sulit menghilangkannya. Apa akibatnya ? Tampilan marmer pun jadi kurang indah berkilau sehingga kurang enak untuk dipandang.

Mengenal Karakteristik Marmer

Karakteristik marmer yang lain yang harus anda ketahui ialah bahwa Permukaan lantain marmer sangat sensitive dengan permukaan kasar dan gesekan. Jika anda salah-salah dalam perlakuan dan pemilihan alat kebersihan akan mengakibatkan lantai di rumah Anda menjadi cepat rusak. Kesalahan memilih pembersih lantai juga bisa mengurangi kilau pada lantai. Sebagai perbandingan kedua material ini ialah antara permukaan marmer lebih mudah pecah bila dibandingkan granit, sehingga berpengaruh pada peletakan furniture di atasnya. Oleh karna itu pemilik mamer harus lebih hati-hati dalam perawatan.

Lalu bagaimana cara merawat lantai granit dan marmer yang benar?

Berbagai perlengkapan perawatan yang sebaiknya digunakan ialah

  • Sealer, yaitu pelapis pelindung khusus granit dan marmer yang akan melindungi permukaan dari bekas tergores dan noda agar tidak cepat meresap.
  • Pembersih khusus, yaitu pembersih dengan pH netral atau seimbang yang dibuat khusus untuk membersihkan lantai granit dan marmer.
  • Lap microfiber, yaitu kain lap yang sangat halus sehingga mampu menjaga permukaan lantai granit dan marmer.

Jangan Melakukan Hal Ini

  • Jangan gunakan lap yang kasar, meskipun membersihkan noda berkerak yang mengeras sekalipun.
  • Jangan gunakan cairan dengan kandungan deterjen dan asam yang tinggi. Sebaiknya Anda tidak memakai pembersih lantai biasa karena akan membuat permukaan jadi kusam dan tidak mengkilap. Cairan seperti cuka juga tidak boleh digunakan pada permukaan granit dan marmer, karena akan merusak material batu alam.
  • Jangan menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan lantai granit dan lantai marmer, karena dikhawatirkan permukaan penyedot dan rodanya bisa merusak lantai.

Tips Merawat dan Membersihkan Marmer

Untuk lantai marmer, cara membersihkannya harus mengikuti arah pola. Jangan sampai dilap dengan gerakan memutar karena bisa mengurangi keindahan motif alami dan mengurangi kilai lantai marmer. Khusus Untuk membersihkan lantai granit, semprotkan cairan pembersih khusus secukupnya, jangan sampai berlebihan. Kemudian segera lap dengan kain microfiber dan keringkan dengan kain kering yang bersih dan baru (bukan lap yang sebelumnya).

  1. Pel permukaan lantai dengan lembut untuk menjaga kondisi lantai tetap bagus.
  2. Pengepelan dilakukan 2 hari sekali atau jika diperlukan.
  3. Segera bersihkan noda dari lantai marmer, karena kalau tidak demikian maka noda akan menempel, terserap, dan sulit dibersihkan.
  4. Jika sulit menemukan pembersih khusus granit dan marmer, gunakan sabun cuci piring. Jangan gunakan pembersih lantai biasa. Campurkan sedikit sabun cuci piring ke dalam seember air, lalu larutkan. Coba dulu larutan tersebut pada bagian lantai yang kecil dan tidak terlihat. Kalau tidak menimbulkan efek negative, berarti sabun pencuci piring Anda aman untuk digunakan. Segera lap dengan kain kering dan bersih setelah mengepel.
  5. Jangan sampai lantai terkena cairan yang bisa masuk ke pori-pori batuan, terutama untuk lantai marmer. Segera bersihkan cairan yang tumpah dengan lap microfiber dan usap dengan kain kering.

Bagaimana Menurut Anda?

Tentunya cara merawat marmer dibutuhkan keahlian khusus. Jadi buat Anda yang ingin merawat dan membersihkan marmer pelajarilah cara-cara yang cukup ribet diatas supaya mendapatkan hasil marmer yang bagus. Namun jika Anda tidak menginginkan kerumitan dalam merawat marmer bisa menggunakan jasa poles marmer yang berpengalaman. Itulah informasi mengenai Cara Merawat Marmer Yang Benar yang dapat Kami bagikan kepada Anda semoga dapat bermanfaat untuk semuanya. Terima kasih sudah membaca informasi ini salam dekorasi mewah.

Comments Off on Cara Merawat Marmer Yang Benar