Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami Dan Cepat
Kesehatan

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami Dan Cepat

Kolesterol merupakan zat alami yang dihasilkan oleh organ hati, selain itu kolesterol juga dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti susu, daging dan lain sebagainya. Meski kita sering mendengar bahaya dari kolesterol, namun sebenarnya kolesterol dibutuhkan tubuh guna memproduksi bermacam-macam hormon hingga sel-sel sehat yang baik untuk tubuh. Bahaya kolesterol muncul ketika kadarnya terlalu tinggi, lantas bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami jika sudah terlanjur tinggi kadarnya? Simak tips berikut.

Cara menurunkan kolesterol dengan bahan alami

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol, salah satunya menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.

  1. Jahe

Salah satu jenis bumbu dapur ini sangat mudah didapatkan, bisa dengan menanamnya sendiri atau membeli di pasar. Jahe mempunyai kandungan senyawa gingerol yang bersifat anti kanker, kandungan molekul bio aktif jahe juga bisa menghambat pertumbuhan berbagai jenis kanker. Kanker prostat, kanker payudara hingga kanker ovarium mampu dicegah dengan mengkonsumsi jahe.

Selain itu, jahe juga sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi. Ya, LDL atau kolesterol jahat dalam darah bisa diturunkan dengan rutin mengkonsumsi jahe. Cukup konsumsi jahe sebanyak 5 gram saja setiap hari, jika rutin dilakukan selama satu bulan akan bisa menurunkan LDL sekitar 30 poin.

  1. Daun Salam

Bumbu dapur yang satu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Cara menurunkan kolesterol dengan menggunakan daun salam juga sangat mudah, pertama siapkan 15 lembar daun salam lalu cuci hingga bersih, selanjutnya rebus daun salam dengan tiga gelas air. Setelah itu air rebusan daun salam disaring dan diminum ketika malam hari.

  1. Kunyit

Kunyit juga bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol yang tinggi karena mengandung kurkumin yang sangat berkhasiat untuk membantu menguras asam empedu, selain itu sifat kunyit ini juga sangat bermanfaat untuk meminimalisir efek buruk lemak jenuh.

  1. Ketumbar

Ketumbar mengandung asam strearat, asam askorbat, asam palmitat dan asam oleat yang sangat baik untuk membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Cara memanfaatkannya pun juga mudah, rebus dua sendok teh bubuk ketumbar bersama dengan secangkir air, biarkan hingga mendidih. Setelah itu minum air rebusan ketumbar sehari dua kali.

Cara cepat menurunkan kolesterol tanpa ribet

Kolesterol yang tinggi memang sangat mengkhawatirkan karena bisa menyebabkan datangnya beberapa penyakit berbahaya yang bisa mengakibatkan kematian.

cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami di atas memang dapat membantu menurunkan kolesterol, tapi ada cara yang lebih praktis yang  bisa dicoba yakni dengan Nestlé ACTICOR, minuman penurun kolesterol yang sangat efektif. Selain rasanya yang enak, minuman ini mengandung serat pangan larut, yakni Beta Glucan yang berasal dari oats dan Inulin yang berasal dari Chicory, teruji secara klinis dapat menurunkan kadar LDL daram darah.