Informasi

Cara Menemukan Kode Pin di India

Pada dasarnya PIN adalah singkatan dari Nomor Indeks Pos. Ini adalah semacam enkripsi numerik yang dialokasikan ke kantor pos. Sistem Pos India menggunakan nomor ini dalam sistem kode pos. Ini membantu dalam mencocokkan tempat tertentu di mana surat atau kiriman akan dikirimkan.

Jika kita melihat halaman sejarah, kita akan melihat bahwa sistem Kode Pin dimulai pada 15 Agustus 1972 oleh Shriram Bhikaji Velankar, sekretaris tambahan di kementerian komunikasi serikat. Itu diperkenalkan untuk menyederhanakan penyortiran manual dan pengiriman email dengan menghapus kesalahan alamat, nama tempat yang mirip dan bahasa berbeda yang digunakan oleh orang-orang di negara tersebut.

Untuk pengelolaan yang lebih baik, 9 zona PIN telah dibuat di India. Ini selanjutnya berisi delapan zona regional dan satu zona fungsional untuk Angkatan Darat India.

Fakta Penting: Saat ini, ada 1,54 lakh kantor pos di India.

Kode Pin tepatnya terdiri dari enam digit. Digit pertama menunjukkan wilayahnya. Digit kedua menunjukkan sub-wilayah dan digit ketiga menunjukkan distrik pemilahan di dalam wilayah tersebut. Tiga digit terakhir diberikan ke masing-masing kantor pos. Dari 3 digit terakhir, dua digit terakhir mewakili kantor pengiriman di distrik pemilahan mulai dari 01 yaitu GPO (Kantor Pos Umum) atau HO (Kantor Pusat) atau SO (Sub Kantor).

PIN mewakili wilayah geografis tertentu yang disebut distrik penyortiran. ini
berkantor pusat di kantor pos utama kota terbesar. Kantor tersebut juga dikenal sebagai kantor sortir. Digit keempat mewakili rute di mana kantor pengiriman berada di distrik penyortiran. 0 untuk kantor di wilayah inti distrik pemilahan. Daftar kode PIN negara bagian juga tersedia di web.

Saat ini, semakin mudah untuk menemukan kantor pos terdekat Anda. Ada portal web tempat Anda dapat menelusuri dan mencari kode PIN dari negara bagian atau kota mana pun di India. Prosesnya sangat mudah dimana Anda bisa melakukan pencarian sesuai dengan lokasi, alamat atau kode pin Anda. Anda akan mendapatkan Direktori Kode Pin India yang sangat besar di mana Anda dapat menekan tombol tarik-turun dan daftar negara bagian dan wilayah persatuan akan terbuka. Anda kemudian akan diminta untuk memilih kota, diikuti dengan lokalitas. Setelah Anda mengklik tombol pencarian, detail kantor pos dan Kode Pin akan muncul.

PIN berarti Nomor Indeks Pos. Ini mewakili wilayah geografis tertentu. Ini digunakan untuk mengirim surat untuk pengiriman di alamat yang benar. Banyak sumber daya untuk Kode Pin tersedia online di mana Anda dapat menemukan daftar Kode Area Statewise dan informasi relevan lainnya yang terkait dengan kode area tersebut.

 

Sumber Artikel:  Kode POS