Cara mencadangkan seluruh blog WordPress dan Blogger/Blogspot

Cara mencadangkan seluruh blog WordPress dan Blogger/Blogspot – Kita semua tahu berapa jam yang dibutuhkan untuk membuat blog yang “sempurna”. Kami juga tahu betapa menjengkelkan dan membuat frustrasi ketika sesuatu mogok, gagal disimpan, atau dihapus.

Bayangkan jika suatu saat blog Anda hilang – diretas, dihapus, atau rusak!

Sangat penting untuk membuat cadangan blog Anda secara teratur dan saya selalu menyarankan untuk mencadangkan tema Anda sebelum mengedit kode sehingga Anda memiliki sesuatu untuk digunakan kembali.

Tutorial hari ini sangat sederhana tetapi mudah-mudahan ini akan mengingatkan Anda untuk membuat cadangan sekarang jika terjadi kesalahan.

Cara mencadangkan blog WordPress yang dihosting sendiri

Sebelum melanjutkan tutorial ini pasti domain blog Anda menggunakan nama domain yang mudah di ingat, atau Anda bisa melihat beberapa daftar nama domain premium di jual beli domain.

1. Cadangkan desain, tema & blog Anda

Anda dapat membuat cadangan blog WordPress Anda melalui FTP, host web Anda atau dengan menggunakan plugin seperti BackupBuddy, Updraftplus atau WordPress Backup ke Dropbox.

Yang paling penting adalah memastikan Anda juga mengunduh cadangan database Anda. Dan jangan mengandalkan host web Anda untuk membuat cadangan, selalu lebih baik untuk memiliki salinannya. untuk dirimu.

2. Cadangkan postingan Anda

Masuk ke akun Anda, buka Alat dan Ekspor. Ekspor file XML dari posting, kategori, dan komentar Anda. Pilih apa yang ingin Anda cadangkan – download atau saved.

Cara backup blog Blogger

1. Cadangkan tema blog Anda

Masuk ke akun Blogger Anda. Buka tab tema. Di sudut di samping pengaturan (ikon roda gigi) Anda akan melihat tombol “backup/restore”. Dan klik “Download Full Template”.

2. Cadangkan postingan Anda

Masuk ke akun Anda, buka Pengaturan > Lainnya dan bagian pertama Anda akan melihat Alat Blog. Di bawah ini klik Ekspor Blog > Unduh Blog. Simpan file .xml di tempat Anda dapat menemukannya.

3. Cadangkan gambar Anda di blogger

Saat masuk ke akun Anda, buka Album Web Picasa dan Google+ , di sini Anda akan menemukan gambar yang diunggah ke Blogger. Buka Google Takeout dan login menggunakan akun Google/Blogger Anda. Pilih layanan “Album Web Picasa” dan buat arsip. Saat arsip dibuat, klik unduh. Saya juga menyarankan melakukan ini untuk Foto Google+. Anda juga dapat membuka profil Google+ Anda, mengarahkan kursor ke “Beranda” di sebelah kiri dan turun ke pengaturan. Kemudian di sebelah kiri Anda akan melihat panah di sebelah Akun, klik itu dan Unduh Data Anda akan muncul dalam daftar. Anda juga dapat mengunduh Album Web Picasa dengan cara ini.

4. Cadangkan seluruh akun Blogger & beberapa blog menggunakan Google Takeout

Buka Google Takeout dan login menggunakan akun Google/Blogger Anda. Pilih layanan “Blogger” dan buat arsip. Jika semuanya sudah siap, klik unduh.

Anda juga bisa menggunakan Dropbox untuk mencadangkan semuanya dan mengirim file antara ponsel, komputer, laptop, dan komputer. Manfaat menggunakan Dropbox untuk meng-host file cadangan Anda adalah dapat diakses di mana saja sehingga Anda dapat memulihkan blog Anda kapan saja.