cara membuat seblak

Bagaimana cara memasak seblak? Saat ini, seblak menjadi makanan favorit masyarakat, terutama anak muda. Seblak yang terbuat dari kerupuk yang direndam, potongan bakso, sosis, sayuran, dan telur ini memiliki kuah yang bercita rasa pedas. Seblak aslinya berasal dari kota kembang Bandung.

Namun kemudian, ketika seleranya disesuaikan dengan bahasa banyak orang, seblak menjadi terkenal di berbagai kota di Indonesia. Sekarang jika Anda pergi ke berbagai kota seperti Jakarta, Bogor atau kota lainnya, makanan ini bisa Anda temukan dengan sangat mudah.

Secara umum seblac terbagi menjadi dua jenis yaitu seblak goreng dan seblac saus. Disebut seblac goreng karena seblac dimasak kering tanpa saus, sedangkan saus seblac sebaliknya disajikan dengan saus pedas dan kaviar yang lezat. Tak hanya dari kuahnya, kini isian seblaknya juga berbeda.

Seblac awalnya hanya terdiri dari kerupuk yang direndam, direbus hingga empuk. Agar lebih nikmat, telur goreng ditambahkan ke dalam seblak. Isian seblak semakin populer. Tidak hanya kerupuk dan telur, sayuran, potongan bakso sapi, kaki ayam, pasta bahkan mie kuning juga ditambahkan.

Ngomong-ngomong soal seblac, masakan ini selalu bisa kamu temukan di mana saja. Tapi jika Anda benar-benar penggemar seblac, saya rasa Anda tidak akan puas kecuali Anda membuat seblac sendiri di rumah.

Jangan khawatir, meski seblac sangat enak, namun sangat mudah disiapkan. Anda juga bisa menambahkan topping apa pun ke Seblak Anda.

Ingin belajar cara membuat seblak yang enak? Berikut beberapa cara membuat seblak enak dengan kuah pedas!

Cara memasak seblak yang pedas dan enak

Seblac enak, apalagi jika isiannya kenyang dan dimakan siang hari saat cuaca panas. Jika ingin cepat, Anda bisa membeli Seblak di kios Seblak terdekat di kota Anda.

Namun jika ingin makan seblac yang selalu lebih murah, Anda bisa membuat seblac di rumah. Lucunya, seblak ini termasuk salah satu masakan yang sangat mudah dibuat, dengan bumbu yang minim, dan isiannya bisa apa saja. Nah, apakah Anda tertarik untuk membuat seblac sendiri di rumah? Berikut 2 cara membuat seblac pedas dan enak, yuk dicoba!

1. Resep Seblak Kuah Pedas

Bahan:

1 genggam kerupuk, rebus selama beberapa menit hingga empuk
5 buah bakso sapi, iris tipis
2 buah sosis sapi atau ayam, iris tipis
1 genggam makaroni, rebus hingga setengah matang
Sawi secukupnya, iris sesuai selera
Garam secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya
Air secukupnya untuk kuah
Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu

Bumbu yang dihaluskan:

3 buah cabai merah kering
5 buah cabai rawit
4 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 ruas kencur
2 butir kemiri

Cara membuatnya:

Pertama siapkan bumbu halus. Iris bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah kering, kenkur dan kemiri. Bumbu bisa dihaluskan dengan blender, atau bisa juga menggunakan alu.

Saat bumbu menjadi homogen, panaskan wajan dengan api sedang dan tuangkan minyak sayur. Minyaknya panas, tambahkan bumbu yang sudah dipotong sebelumnya. Panggang hingga bumbu halus matang, biasanya warna bumbu akan lebih pekat dan aromanya lebih harum.

Sausnya sudah siap, sekarang tambahkan sosis dan bakso yang dipotong kecil-kecil. Aduk hingga bumbu tercampur rata, lalu tambahkan air secukupnya. Aduk kembali hingga air menyatu dengan bumbu dan semua bahan.

Tambahkan bumbu seperti kaldu ayam bubuk dan garam. Aduk rata dan masak hingga air mendidih. Tambahkan sawi yang dipotong besar-besar, serta pasta rebus. Masak sebentar sampai sayuran siap.

Sambil menunggu sayuran matang, kocok telur di mangkuk lain. Tempatkan telur di wajan panas. Biarkan telur sebentar hingga matang, lalu campurkan dengan saus seblak.

Terakhir, masukkan kerupuk ke dalam wajan yang sudah matang dan empuk. Aduk dan biarkan sebentar. Cicipi seblacnya, jika kurang asin atau gurih bisa ditambahkan garam dan kaldu bubuk.

Jika seblak kurang pedas, bisa ditambahkan bubuk cabai. Namun jika dirasa sudah enak, Anda bisa langsung mengeluarkannya dan memindahkannya ke mangkuk. Saus pedas siap disajikan!

 

referensi :  https://www.gramedia.com/best-seller/cara-membuat-seblak/

editor : dafit