Cara Cek Penerima PIP 2022 Online Lewat HP di Laman pip.kemdikbud.go.id

Program Bantuan Indonesia Pintar (PIP) disebut-sebut akan dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk anak-anak sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA/sederajat.

Karena BLT terus disalurkan kepada anak sekolah, siswa atau orang tua dapat mengecek penerima PIP 2022 secara online menggunakan telepon genggam (HP) di website resmi pip.kemdikbud.go.id.

Baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui lebih lanjut cara cek penerima PIP 2022 online melalui ponsel di laman pip.kemdikbud.go.id.

Karena bagi anak sekolah yang terdaftar dan tampil di laman pip.kemdikbud.go.id, akan ada bantuan PIP dari pemerintah berupa dana hingga Rp 1 juta.

Namun sebelum itu perlu diketahui bahwa PIP atau BLT untuk anak sekolah pada tahun 2022 akan diberikan kepada siswa dari keluarga kurang mampu mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SLTP/sederajat.

Bantuan PIP diberikan pemerintah untuk membantu mencegah siswa putus sekolah dari keluarga kurang mampu yang berusia antara 6-21 tahun.

Kemudian pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyalurkan bantuan PIP dalam jumlah yang bervariasi sesuai dengan jenjang pendidikan.

Bagi siswa yang belum menerima BLT untuk anak sekolah, dapat dilakukan pengecekan penerima PIP tahun 2022 secara online melalui handphone.

Berikut Cara Pengecekannya;

  1. Siapkan ponsel dengan koneksi internet yang stabil.
  2. Buka browser dan masukkan pip.kemdikbud.go.id.
  3. Lengkapi data diri siswa seperti Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), tanggal lahir, dan nama ibu.
  4. Pastikan semua data sudah diisi dengan benar.
  5. Pilih “Cari”.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, hasil pencarian akan menampilkan informasi apakah Anda terdaftar sebagai penerima PIP 2022.

Jika pendaftarannya diumumkan sebagai penerima PIP 2022, bantuan yang akan diterima siswa SD/sederajat adalah Rp450.000 per tahun.
Kemudian untuk siswa SMP/sederajat, bantuan yang bisa didapatkan sebesar Rp750.000 per tahun, dan untuk siswa SMA/sederajat sebesar Rp1 juta per tahun.

Penerima PIP 2022 sendiri harus memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan siswa SD/SMP/SMK yang memiliki KIP yang ingin mencairkan bantuannya bisa langsung ke bank BRI terdekat.

Sedangkan untuk siswa SD/SMP pemegang KIP, pendampingan PIP harus didampingi oleh wali, orang tua, atau guru.

Demikian penjelasan cara cek penerima PIP 2022 secara online melalui handphone di laman pip.kemdikbud.go.id.

 

Referensi : https://depok.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-095846768/cara-cek-penerima-pip-2022-online-lewat-hp-di-laman-pipkemdikbudgoid?page=3

Editor : Amnuha20