Kesehatan

Cara Alami Atasi Asam Urat.

Gout atau biasa disebut asam urat adalah masalah dimana ditandai dengan gejala nyeri, sakit, rasa panas, peradangan hingga pembengkakan pada area persendian. Terkadang masalah satu ini menyerang bagian jari kaki tangan, pergelangan tanagan dan kaki hingga lutut.

Cara Alami Atasi Asam Urat.

Timbulnya masalah asam urat dapat menagganggu aktivitas harian dikarenakan sakit saat mengerakan persendian, namu kamu tak usah khawatir ada banyak cara mengatasi masalah asam urat, salah satunya bisa menggunakan tanaman herbal. Berikut beberapa tanaman herbal yang diklaim bisa meringankan gejala asam urat.

1. Daun seledri

Seledri yang biasa kita konsumsi sehari-hari ternyata bisa mengurangi dampak rasa sakit dari asam urat. Daun seledri diketahui memiliki kandungan mineral berupa fosfor, vitamin A, vitamin B1, zat besi, kalsium, vitamin C, apiol, apiin, glikosida dan falvonoid.

Adanya kandungan senyawa glikosida pada daun seledri yang memungkinkan bisa meringankan gejala asam urat yang sedang melanda.

2. Bunga dandelion

Segalah makanan dan olahan yang mengandung ekstrak sari bunga atau tanaman dandelion bisa menjadi obat alternatif dalam mengurangi gejala asam urat.

3. Mengkonsumsi madu hitam murni

Cara mengatasi masalah asam urat berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi madu hitam murni secara teratur. Madu murni mengandung tinggi akan antioksidan, antiperadangan serta antiinflamasi yang sangat berguna untuk tubuh, terutama dalam mencegah pembengkakan akibat asam urat.

4. Buah pisang

Siapa sangka bahwa buah pisang bisa menjadi obat untuk meredakan penyakit asam urat. Khasiat pisang dalam meringankan gejala asam urat dikarenakan adanya kandungan kalium dan potasium dalam buah pisang bisa mencairkan penggumpalan asam urat yang menumpuk di area persendian.

5. Sari kunyit

Manfaat kunyit dalam mengatasi asam urat dikarenakan adanya senyawa curcumin yang terkandung didalamnya. Senyawa curcumin tersebut merupakan zat aktif yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi, tentunya hal ini berkhasiat dalam mengatasi masalah asam urat.
Kamu bisa mendapatkan khasiatnya dengan cara mengkonsumsi sari kunyit secara teratur disetiap harinya.

6. Menggunakan cuka apel

Kamu bisa mengurangi dampak nyeri akibat asam urat menggunakan cuka apel. Untuk dosis penggunaan harian, kamu bisa campurkan sekitar satu sendok teh cuka apel dengan segelas air hangat, lalu di minum secara teratur setiap harinya hingga sembuh.

7. Menggunakan daun salam

Daun salam yang biasa digunakan sebagai bumbu rempah dapur ternyata bisa menjadi obat alternatif mengurangi rasa sakit dari asam urat. Daun salam mengandung senyawa diantaranya tanin, minyak astiri, alkaloid dan flavonoid yang dapat meningkatkan fungsi kinerja organ ginjal sekaligus berguna dalam memperlancar produksi urine.

Di samping itu sifat antiinflamasi dan antioksidan dari daun salam juga memiliki pengaruh baik terhadap menghentikan peradangan dan pembengkakan.

8. Daun Sirsak

Mengkonsumsi air rebusan daun sirsak dapat mengurangi gejala pembengkakan sekaligus meredakan asam urat.

Cara mengolahnya rebus daun sirsak sekitar 5-10 lembar bersamaan dengan dua gelas air. Tunggu hingga air mendidih dan berkurang sampai separuh. Setelah itu air rebusan daun sirsak tersebut dapat dikonsumsi sebagai obat asam urat, lakukan secara rutin sebanyak dua kali sehari hingga sembuh.

9. Teh hijau

Teh hijau mengandung beberapa senyawa epigallocatechin-3-gallate, polifenol, vitamin C, vitamin E serta beberapa kandungan lainya yang mampu bersifat antioksidan bagi tubuh.

Beberapa kandungan pada daun teh tersebut diketahui efektif dalam mencegah penyakit asam urat kumat serta dapat bertindak sebagai obat antiinflamasi dan mencegah peradangan pada area sendi menjadi lebih parah.

10. Brotowali

Walaupun dikenal sebagai tanaman yang mempunyai rasa yang super pahit, namun siapa sangka bahwa brotowali mempunyai khasiat dalam meredakan penyakit asam urat.

Selain itu beberapa manfaat brotowali juga bisa mengurangi kadar kolesterol, menurunkan hipertensi, mengontrol gula darah, meningkatkan daya tahan tubuh dan masih banyak lagi khasiatnya.

11. Tumbuhan sidaguri

Ada yang tahu dengan tanaman satu ini? Sidaguri biasanya dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan obat tradisional dan biasa dipakai untuk mencegah infeksi. Di lain sisi tanaman satu ini juga dapat meredakan nyeri akibat asam urat.

12. Kumis kucing

Adanya kandungan senyawa aktif berupa orthosiphonin glikosida dan diuretik pada tanaman kumis kucing yang diketahui dapat merangsang pengeluaran asam urat dan beberapa tumpukan mineral yang berlebihan didalam tubuh melalui urin.

Untuk itu kamu bisa memanfaatkan tanaman kumis kucing sebagai cara yang paling mudah dalam mengobati penyakit asam urat.

Nah Itulah beberapa cara alami yang bisa kamu gunakan dalam mengatasi asam urat. Sumber https://www.healty99.com