Bikin Awet Muda! 7 Makanan Ini Cegah Kerutan Kulit Wajah

Makanan Berpengaruh Pada Usia Kulit

Selain obat perawatan kulit, asupan makanan ternyata berpengaruh pada usia kulit. Makanan ini direkomendasikan untuk cegah kerutan dan menjaga wajah agar awet muda. Menjaga wajah dari paparan sinar matahari dan secara rutin menggunakan obat perawatan kulit memang cara terbaik untuk menjaga kulit tampak awet muda. Ternyata ada juga cara-cara alami tanpa bahan kimia yang dapat dilakukan untuk mencegah penuaan.

Ahli gizi dan ahli kecantikan sepakat menyebutkan bahwa gaya hidup melalui asupan makanan juga sangat berpengaruh pada kondisi kulit jangka panjang. Rinky Kapoor selaku konsultan dermatologi mengatakan bahwa ada beberapa makanan terbaik yang tak hanya mencegah penuaan tetapi juga dapat menghilangkannya.

Penuaan pada wajah terutama disebabkan oleh garis halus dan kerutan yang muncul pada beberapa titik wajah. Rinky menyarankan makanan-makanan enak yang mudah didapatkan untuk dikonsumsi secara rutin agar wajah tampak awet muda. Cek daftarnya!

Daftar Makanan Mencegah Penuaan

Berikut ini 7 makanan untuk mencegah penuaan menurut Health Shots :

1. Bayam
Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang disebut padat akan vitamin, zat besi, magnesium dan beta karoten. Bayam juga dianggap sebagai sayuran yang cocok untuk menjaga hidrasi kulit dan tinggi akan antioksidan.

2. Brokoli
Bentuk brokoli yang unik ternyata juga menyimpan komposisi nutrisi dan vitamin yang tidak kalah unik. Brokoli mengandung antiinflamasi dan anti penuaan yang tinggi.

3. Kacang-kacangan
Ukuran makanan bukan menjadi penentu kepadatan kandungan nutrisinya, bahkan pada kacang-kacangan yang kecil vitaminnya begitu padat. Kacang seperti almond, walnut dan yang lainnya mengandung lemak sehat seperti omega-3 dan vitamin E.

4. Pepaya
Buah yang mudah ditemui pada iklim tropis seperti Indonesia ini sangat baik untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Tak hanya melancarkan pencernaan, pepaya juga diperkaya dengan vitamin A, K, C dan E serta mineral seperti kalsium, fosfor dan yang lainnya.

5. Ubi jalar
Di Indonesia, ubi jalar sudah sejak lama menjadi salah satu karbohidrat tradisional pengganti nasi. Kadar indeks glikemiknya yang rendah serta vitamin dan mineralnya yang padat membuat bahan makanan ini disebut-sebut sebagai sumber karbohidrat yang lebih sehat daripada nasi dan kentang.

6. Dark cokelat
Rasanya yang enak membuat dark cokelat digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan usia. Tak hanya enak rasanya ternyata dark cokelat juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk tubuh terutama menjaga keremajaan kulit.

7. Telur
Hampir seluruh orang Indonesia menggunakan telur sebagai salah satu sumber protein makanannya. Selain baik untuk menjaga kesehatan otot, telur ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kulit dari penuaan.

Referensi : https://food.detik.com/info-sehat/d-6422537/bikin-awet-muda-7-makanan-ini-cegah-kerutan-kulit-wajah/2