Bharada E, Ricky Rizal, dan Kuat Ma’ruf Kembali Jalani Sidang Hari Ini

Kasus Pembunuhan Brigadir J

Sidang kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat dengan terdakwa Richard Eliezer (Bharada E), Ricky Rizal, dan Kuat Ma’ruf kembali digelar hari ini, Senin (21/11/2022) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN).

Sidang lanjutan terhadap para terdakwa yang merupakan ajudan dan asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo itu akan memuat agenda pemeriksaan saksi. Berdasarkan jadwal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, sidang ketiga terdakwa akan digelar serentak di ruang sidang utama pada pukul 09.30 WIB.

Rencananya, sepuluh polisi akan diperiksa sebagai saksi dalam sidang keempat pekan ini. Sebelumnya, kuasa hukum atau kuasa hukum Bharada E, Ronny Talapessy, menegaskan kliennya akan konsisten sebagai justice collaborator (saksi pelaku).

Ia mengatakan, hakim dan jaksa penuntut umum menilai sikap Richard Eliezer itu jujur. “Jadi nanti sidang ini masih berjalan, masih ada beberapa agenda saksi yang dihadirkan oleh jaksa penuntut umum, kita lihat nanti. Tapi dalam kasus ini Richard Eliezer konsisten,” kata Ronny, Minggu (20/11/ 2022).

Masa Depan Bharada E atau Richard Eliezer

Ronny menilai Bharada E sulit membantah kesaksian sepuluh oknum polisi yang dihadirkan dalam persidangan ini. Sebab, dari segi posisi, jarak pangkat Eliezer dengan polisi yang menjadi saksi ini cukup jauh. Namun, Ronny menegaskan, Eliezer dan tim kuasa hukumnya akan tetap mempertanyakan jika ada kesaksian yang dirasa tidak benar.

“Kita lihat saja besok. Dalam hal ini terkait dengan masa depan Bharada E atau Richard Eliezer. Tentu dia sudah menunjukkan bahwa dalam proses persidangan sebelumnya dia akan menyampaikan hal-hal yang tidak pantas,” ujarnya.

“Kemudian tim penasihat hukum akan menggali keterangan saksi-saksi tersebut. Kalau tidak sesuai, pasti akan kami tanyakan,” ujarnya.

Terakhir, Ronny pun mengatakan bahwa Richard Eliezer siap menjalani sidang besok. Ia juga mengatakan bahwa Eliezer berterima kasih kepada rekan medianya yang terus mengawal kasus ini. Sementara itu, sidang Sambo dan kawan-kawan (dkk) akan tetap digelar secara langsung (live streaming) oleh media massa tanpa audio.

“Perkara dengan terdakwa FS, RR, KM, lalu PC, Bharada E, maka pidana penghambatan peradilan terbuka semua,” ujar Humas PN Jaksel, Djuyamto. Menurut Djuyamto, yang dimaksud dengan sidang terbuka bukan berarti bisa disiarkan secara langsung.

Sidang lanjutan lima tersangka pembunuhan Brigadir J akan digelar pada Senin (21/11/2022) hingga Jumat (25/11/2022).

Referensi : https://www.kompas.tv/article/350457/hari-ini-bharada-e-ricky-rizal-dan-kuat-maruf-akan-jalani-sidang-lanjutan-di-pn-jakarta-selatan