Lifestyle

Berbagai Macam Isi Seserahan Pernikahan Dalam Islam

Terdapat aturan khusus yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan lamaran dalam islam. Hal tersebut karena terdapat beberapa macam isi seserahan pernikahan dalam islam yang perlu Anda pahami terlebih dahulu.

Berbagai Macam Isi Seserahan Pernikahan Dalam Islam

4 Jenis Seserahan Wajib Dalam Islam

Sebelum menikah tentunya Anda perlu mengetahui dengan benar mengenai urusan seserahan dalam islam. Seserahan dalam islam memiliki perbedaan dari seserahan pernikahan pada umumnya.

Anda perlu melakukan persiapan yang matang sebelum melakukan proses lamaran dan memberikan beberapa seserahan pernikahan kepada calon pengantin wanita. Ada baiknya juga seorang muslim untuk mengikuti beberapa aturan dalam memberikan seserahan pernikahan.

Berikut merupakan beberapa macam isi seserahan dalam islam yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan proses lamaran:

1. Mahar Sesuai Dengan Kemampuan

Beberapa macam isi seserahan dalam islam yang pertama harus Anda persiapkan adalah mahar. Mahar atau mas kawin yang harus disiapkan bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda sebagai seorang calon pengantin pria.

Sementara itu pihak dari wanita juga tidak diperbolehkan memberatkan seorang pria dalam urusan seserahan pernikahan mahar ini.

2. Alat Ibadah

Seserahan pernikahan dalam islam yang selanjutnya adalah alat ibadah. Alat ibadah ini penting untuk dijadikan isi seserahan dalam islam.

Hal tersebut nantinya diharapkan bahwa ketika sepasang suami istri yang sudah menikah bisa menjalankan kehidupan sesuai dengan peraturan agama. Sepasang alat sholat yang dijadikan isi dari seserahan untuk wanita seperti sajadah, mukena, tasbih dan Al-Quran.

Anda juga dapat menambahkan buku yasin sebagai isi dari seserahan pernikahan yang akan diberikan kepada calon mempelai wanita.

3. Busana Muslim

Satu set pakaian mungkin sering dijumpai dalam resepsi pemberian seserahan pernikahan pada umumnya. Namun untuk seserahan dalam islam yang dijadikan isi seserahannya adalah busana muslim.

Maksud dari pemberian seserahan busana muslim untuk pernikahan, diharapkan nantinya calon mempelai wanita dapat menjaga privasi dan harga dirinya sebagai seorang istri. Busana muslim yang dapat dijadikan seserahan pernikahan dapat berupa niqab, blus, baju muslim, dress dan jilbab. 

4. Kosmetik Halal

Isi seserahan pernikahan dalam islam selanjutnya yang dapat Anda siapkan sebelum melakukan proses lamaran adalah kosmetik halal. Kosmetik halal memang sudah fungsional dijadikan isi dari seserahan untuk wanita.

Namun kosmetik halal juga memiliki makna agar seorang istri nantinya dapat berdandan hanya untuk suaminya saja. Akan menjadi hal baik bagi seorang istri jika selalu menjaga penampilannya tetap cantik di depan suami.

Seserahan pernikahan kosmetik dapat berupa bedak, lipstik, pensil alis, fundacion, perawatan wajah, serta alat make up lainnya yang halal jika digunakan bagi seorang muslim.

Isi seserahan pernikahan dalam islam memang tidak wajib untuk diberikan. Namun seserahan pernikahan dalam islam ini dapat dijadikan tolok ukur dari keabsahan sebuah pernikahan.

 

Comments Off on Berbagai Macam Isi Seserahan Pernikahan Dalam Islam