Bareskrim: Polda Se-Indonesia Deteksi Unggahan Netizen Penghina Iriana Jokowi Saat Patroli Siber

Hinaan Kepada Ibu Negara Iriana Jokowi

Direktur Cybercrime (Dirtipidsiber) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Brigjen Pol Adi Vivid membenarkan bahwa seluruh Polda di Indonesia mendeteksi postingan di akun Twitter @KoprofilJati yang diduga berisi hinaan kepada Ibu Negara Iriana Jokowi.

Vivid menjelaskan, postingan Twitter yang memuat foto istri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Korea Selatan Kim Kun-hee itu ditemukan Bareskrim dan seluruh Polda saat melakukan patroli siber.

“Informasi mengenai kasus tersebut bermula dari hasil patroli siber yang dilakukan, tidak hanya oleh jajaran Direktorat Reserse Kriminal Polri, tetapi juga oleh jajaran Direktorat Tindak Pidana (dalam hal ini Subdit Cyber). Direktorat) Polda seluruh Indonesia,” kata Vivid saat dimintai konfirmasi, Minggu (20/11/2022).

Vivid mengatakan, patroli siber rutin dilakukan pihak kepolisian. Menurutnya, patroli ini dilakukan agar publik tidak memiliki ruang untuk menyebarkan atau membuat konten negatif. Vivid menyebut konten negatif bisa menyeret pengunggahnya ke ranah hukum.

“Sehingga tidak ada ruang bagi masyarakat untuk menyebarkan hal-hal negatif, dan dapat berimplikasi hukum bagi pelanggarnya,” ujarnya.

Vivid Menghimbau Kepada Masyarakat Agar Media Sosial Dimanfaatkan Untuk Hal Yang Positif

Sementara itu, Vivid menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar media sosial dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. Ia meminta agar media sosial tidak disalahgunakan untuk menyebarkan SARA, fitnah, pornografi, kebencian, dan hal-hal negatif lainnya.

“Kalau diteruskan, akan kami proses sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” tambah Vivid.
Sebelumnya, Bareskrim Polri mencari pemilik akun Twitter @KoprofilJati yang diduga menghina Ibu Negara Iriana Jokowi.

“Betul (sedang dicari). Identitas pelaku sedang kami dalami,” kata Direktur Cybercrime Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid saat dimintai konfirmasi, Jumat (18/11/2022). Vivid menjelaskan, pihaknya menemukan unsur pidana dalam unggahan @KoprofilJati.

“Kami telah menemukan unsur pidana yang diduga,” katanya.
Sementara itu, akun @KoprofilJati membuat cuitan yang memuat foto Iriana Jokowi.
Dalam foto tersebut, Iriana Jokowi berfoto bersama istri Presiden Korea Selatan Kim Kun-hee.

Lalu, @KoprofilJati menulis cuitannya pada Kamis (17/11/2022).
“Bi, tolong buatkan minuman untuk tamu kita.”

“Baik, Bu,”
Sekarang, akun Twitter tidak lagi dapat diakses. Tweet tersebut viral di media sosial. [rna]

Referensi : https://wahananews.co/polhukam/bareskrim-polda-se-indonesia-deteksi-unggahan-penghina-iriana-jokowi-qwhfcs214p