Bahan-Bahan untuk membuat Website

Tak dapat dipungkiri bila kebutuhan untuk memiliki website saat ini semakin menjadi prioritas. Para pelaku usaha, website menjadi media yang amat penting dalam mengembangkan usaha. Website menjadi identitas suatu bisnis di era global ini.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki website, ketahuilah hal-hal dasar yang dibutuhkan untuk membuat website. Apa saja itu?

1. Domain Name

Domain name atau nama domain adalah nama suatu website. Nama inilah yang akan digunakan saat orang-orang akan mengakses suatu website. Tentukanlah nama yang sesuai dengan website Anda. Nama sebaiknya tidak terlalu panjang dan mudah diingat orang.

Nama domain bersifat unik, artinya nama domain yang sudah dipakai orang lain, tidak bisa kita gunakan. Maka ketika kita sudah menentukan nama domain dan ternyata nama tersebut sudah dipakai orang lain, kita harus mengganti dengan nama lain yang berbeda.

Nama domain dengan ekstensi .com adalah yang paling populer. Namun kita bisa menggunakan ekstensi lain seperti .net .info .org .biz .co.id dan lain-lain.

Untuk mempunyai nama domain, kita harus membelinya. Banyak penawaran nama domain murah di indonesia yang bisa kita manfaatkan, mulai dari harga puluhan ribu saja pertahun.

Nama domain biasanya berlaku 1 tahun, dan harus diperpanjang setiap tahun bila kita ingin terus menggunakannya.

Domain berkualitas disini 

2. Hosting

Hosting adalah tempat kita menyimpan file, gambar, video, dan data website kita yang nantinya bisa diakses melalui internet.

Hosting bisa kita sewa secara bulanan dan tahunan. Biaya sewa hosting tergantung dari kafasitasnya. Semakin besar kafasitasnya, semakin banyak file yang bisa tersimpan dan biayanya juga semakin tinggi. Untuk website usaha kecil dan menengah, kafasitas hosting 200 MB dirasa sudah cukup.

Selain kafasitas, bandwidth juga menentukan harga sewa hosting. Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau bit per second (bps). Semakin banyak yang mengakses website kita, akan semakin banyak bandwidth yang dibutuhkan. Untuk website pemula, bandwidth 1 GB perbulan biasanya sudah cukup memadai.

Namun bila pengunjung website sudah banyak setiap harinya, maka bandwidth yang unlimited yang mesti kita pilih, agar website kita tidak kehabisan kuota saat diakses.

Saat ini banyak sekali penyedia hosting di Indonesia. Pilihlah yang memiliki reputasi bagus, dan support yang handal, agar ketika website bermasalah, akan cepat diatasi.

Hosting murah ada di sini

3. Aplikasi Website

Setelah Anda memiliki domain dan hosting, 1 hal utama yang perlu anda miliki adalah aplikasi website. Aplikasi inilah yang akan menentukan bagaimana website anda tampil. Bagaimana disainnya, komposisi warna, peletakan menu navigasi, peletakan teks, gambar, dan video, ditentukan disini.

Bagi anda yang ingin memiliki website yang spesial, mudah pengelolaannya karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan website anda, anda bisa membuat aplikasi website sendiri. Untuk membuat website sendiri, anda setidaknya mesti menguasai bahasa pemerograman, seperti html, php, dan lain-lain. Bila anda awam dengan semua itu, anda bisa menggunakan jasa pembuatan website

Pilihlah jasa pembuatan website yang tidak menggunakan platform wordpress. Jasa-website.Net bisa menjadi pilihan Anda. Untuk menggunakan jasa pembuatan website tentu anda mesti mengalokasikan dana ekstra, disamping untuk biaya domain dan hosting.

Tetapi dana untuk pembuatan website hanya dikeluarkan 1 kali saja. Tak pelu bayar bulanan atau tahunan.

Jika Anda menggunakan jasa pembuatan website kami, anda bisa mengambil paket khusus yang tidak perlu lagi repot untuk order domain dan hosting. Anda terima jadi, tinggal mengelola saja.

4. Pengelola Website

Bila website sudah jadi dan sudah bisa diakses, pengelola website atau ADMIN sangat diperlukan. Anda bisa menjadi admin, atau anda mempekerjakan orang lain untuk menjadi admin.

Adminlah yang nantinya akan mengisi konten website, update website, menerima kontak dari pengunjung, dan lain-lain.

Itulah 4 hal yang dibutuhkan untuk membuat website. Tidak ada alasan anda menunda memiliki website sendiri, mengingat begitu banyak manfaat website dalam membantu mengembangkan usaha anda.