Informasi

Bagian Bagian Mikroskop Yang Perlu Diketahui

Setiap alat laboratorium memiliki beberapa bagian yang berfungsi sebagai komponen penting dalam mendukung proses kerjanya. Berikut bagian bagian pada alat tersebut.

Lensa okuler

ilustrasi gambar lensa okuler mikroskop

Lensa okuler merupakan bagian mikroskopik yang berada pada bagian ujung atas tabung. Posisinya sangat dekat dengan mata anda yang ingin mengamati suatu objek. Bagian okuler ini bekerja dengan memperbesar bayangan yang dihasilkan dari lensa objektif. Biasanya, lensa okuler bisa melakukan perbesaran bayangan dari 6, 10, sampai 12 kali.

 

Lensa objektif

ilustrasi gambar lensa objektif mikroskopik

Lensa objektif sangat berhubungan dengan lensa okuler, dan berada di dekat objek. Pada lensa ini, perbesaran bisa dilakukan dari 4, 10, 400, bahkan 100 kali. Saat penggunaannya, objek harus diolesi dengan minyak emersi untuk memperjelas bayangan yang dihasilkan. Pada saat melakukan perbesaran 100 kali, letak lensa akan sangat dekat dengan objek, sehingga hasil pengamatannya akan semakin nyata.

Kondensor

ilustrasi gambar kondensor mikroskop

Kondensor merupakan bagian dari mikroskopik diputar keatas dan kebawah sesuai kebutuhan. Bagian ini akan membentuk cahaya yang dihasilkan oleh cermin untuk dikembalikan ke dalam objek yang diamati.

Diafragma

ilustrasi gambar diafragma mikroskop

Diafragma merupakan bagian mikroskopik yang bekerja untuk mengatur jumlah cahaya yang dipantulkan dan mengelilingi preparat.

Cermin

ilustrasi gambar cermin mikroskop

Cermin adalah bagian dari mikroskopik yang dapat menerima dan menuntun cahaya yang dihasilkan. Bagian cermin akan mengantarkan cahaya dengan cara memantulkan nya.

Revolver

ilustrasi gambar revolver mikroskopik

Revolver disebut juga sebagai alat penyangga yang melindungi lensa objektif. Bagian ini dapat mengatur perbesaran di lensa objektif sesuai dengan kebutuhan.

Tabung Mikroskop

ilustrasi gambar tabung mikroskopik

Tabung pada mikroskopik disebut sebagai penghubung antara lensa objektif dengan lensa okuler.

Lengan Mikroskop

ilustrasi gambar lengan mikroskop

Lengan merupakan bagian yang sangat penting dalam alat mikroskop. Bagaimana tidak? mikroskop tidak akan berdiri tanpa adanya lengan. Bagian lengakan akan menjadi penyangga yang dipegang dengan pengamat saat ingin mengamati suatu objek. Sehingga, pengamat tidak perlu memegang bagian lain.

Meja Benda

ilustrasi gambar meja benda mikroskop

Meja benda merupakan tempat untuk meletakkan preparat. Bagian ini dilengkapi dengan klip yang akan menjepit objek sebagai pengamatan, agar preparat tidak bergerak selama pengamatan.

Makrometer

ilustrasi gambar makrometer mikroskop

Makrometer disebut juga sebagai alat pemutar. Bagian ini berfungsi untuk mengatur tingginya tabung selama pengamatan dengan cara dinaikkan dan diturunkan. Sehingga anda bisa mendapatkan gambaran objek yang sangat nyata.

Mikrometer

ilustrasi gambar mikrometer mikroskop

Cara kerja dari mikrometer hampir sama dengan makrometer. Mikrometer juga terdapat tuas untuk memutar secara vertikal dan horizontal. Bagian ini juga dapat mengatur posisi tabung, sehingga anda akan lebih jelas dalam mengamati suatu objek.

Kaki Mikroskop

ilustrasi gambar kaki mikroskop

Kaki alat ini juga merupakan penyangga supaya alat dapat berdiri tegak. Bagian ini juga mempermudah anda jika ingin membawa atau memindahkan mikroskop ke tempat lain. Anda juga bisa mengatur ketinggian kaki supaya dapat terasa lebih nyaman saat pengamatan.

 

Sumber referensi : Mikroskop Digital

Comments Off on Bagian Bagian Mikroskop Yang Perlu Diketahui