jasa aqiqah
Informasi,  kuliner

Bagaimana Hukum Aqiqah Jika Janin Keguguran

jasa aqiqah

Bagaimana Hukum Aqiqah Jika Janin Keguguran

Mungkin keguguran adalah peristiwa paling menakutkan bagi para wanita yang sedang hamil. Anak yang mereka impikan akan gagal lahir karena kegururan, sehingga karena keguguran banyak wanita atau keluarga yang sedih.

Padahal dalam tradisi islam, ada yang namanya aqiqah bagi anak yang lahir. Lalu bagaimana jika anak yang ada di dalam kandungan tidak lahir atau keguguran waktu di dalam kandungan? Apakah harus diaqiqahkan atau tidak? Dan disini kami akan membahas tentang hokum aqiqah apabila janin yang ada didalam kandungan meninggal saat usia kandungan masih muda, bahkan detak jantungnya sudah berdetak dan bisa dirasakan.

Hukum Aqiqah Jika Janin Keguguran

  1. Gugur muda

Gugur muda adalah dimana umur janin belum memasuki 4 bulan, jika seperti itu maka kita tidak perlu memberi nama bayi dan tidak perlu melakukan aqiqah. Karena melakukan aqiqah dan memberi nama bayi hanya dapat dilakuka jika janin keguguran sudah berumur 5 bulan atau lebih, dimana janin sudah ditiupkan ruhnya. Karena janin sudah menjadi al Afrath atau anak yang akan menolong orang tuanya kelak.

Menurut Imam Ibnu Qudamah dalam al Mughi berucap, jika janin belum berumur 4 bulan dan mengalami keguguran, maka tidak perlu dimandikan dan tidak disholati akan tetapi dibungkus lalu dikubur.

  1. Gugur ketika sudah ditiupkan ruh

Ketika janin belum memasuki 4 bulan dalam kandungan dan mengalami keguguran, maka dia tidak dihukumi al Afrath. Akan tetapi jika janin sudah berumur 4 bulan lebih atau sudah berbentuk seperti manusia seperti sudah mempunyai kaki, tangan, dan bagian lainya, maka ibu yang mengandung berlaku hokum nifas, atau tidak boleh shalat dan tidak boleh ikut puasa. Sedangkan untuk si bayi sudah dianggap menjadi anak kecil dan bisa dikuburkan dimana saja tanpa perlu dimandikan dan disholati karena belum dihukumi al Afrath.

Janin yang mengalami keguguran dan sudah memasuki bulan ke 4 terjadi ada 2 kondisi yaitu, janin gugur sudah menjadi mayat  atau sudah meninggal saat masih didalam kandungan dan kondisi satunya adalah sang janin gugur namun sempat ada tanda-tanda kehidupan dan setelah itu meninggal. Maka dari itu, para ulama menjelaskan hukum bagi 2 kondisi tersebut :

Hukum Janin Gugur Setelah Ditiup Ruh

  1. Janin sudah meninggal

Beberpa ulama memiliki beberapa pendapat yang berbeda mengenai hukum janin yang gugur dan sudah meninggal. Salah satu ulama yaitu Syaikh Sayyid Sabiq dalam Fiqhus Sunnah berkata jika janin yang sudah meninggal tidak perlu dimandikan dan disholati.

  1. Janin Gugur Tapi Sempat Hidup

Banyak ulama telah sepakat jika janin atau bayi ada tanda-tanda kehidupan maka disholati. Akan tetapi, sholat itu termasuk sunnah, berdasarkan hadist Aisyah Rodhiyallahu ‘anha. Imam Ibnu Hazm al Muhalla berkata “kami menganjurkan shola tatas anak yang yang dilahirkan itu  hidup, kemudian wafat istihlaal ataupun tidak istihlahal. Dan sholat disini termasuk sunnah atau tidak wajib, karena anak belum memasuki baligh”.

Jika janin gugur sesudah hari ke-80 dan tidak mengetahui apakah janin sudah berbentuk seperti manusia atau belum, maka ada 2 kemungkinan dalam meneyelesaikan masalah ini.

Hukum nifas

Hukum nifas dilakukan ketika janin mengalami keguguran sesudah 90-hari. Dan seorang ibu yang mengalami keguguran tersebut tidak dapat melakukan sholat, puasa, dan bercampur dengan suaminya sampai darahnya berhenti atau mengeluarkan cariran berwarna kekuningan, atau sudah menjalani hari ke-40 dari awal mulai pendarahan.  Apabila seorang ibu sudah melewati 40 hari setelah pendarahan, makai a dapat melaksanakan sholat, puasa, dan dapat bercampur dengan suaminya.

Akan tetapi jika belum mencapai 90 hari kehamilan dan tidak diketahui apakah janin sudah berbentuk manusia atau belum, maka seorang ibu harus mengenakan pembalut untuk mencegah darah yang mengalir tidak mengenai pakaian yang dipakai. Akan tetapi ia dapat melaksanakan sholat, puasa, dan bercampur dengan suaminya.

Begitulah ketentuan dan hukum aqiqah untuk janin yang mengalami keguguran. Dengan artikel ini kami anggap anda dapat memahaminya.

Bagi Anda yang membutuhkan Jasa Aqiqah bisa mengunjungi www.aqiqahplus.com, banyak varian paket yang menarik dengan harga terjangkau. Aqiqah plus juga sudah tersedia di 20 kota di jawa tengah seperti Semarang, Salatiga, Kudus, dan lainya.