Pengertian dan Contoh Surat Polis Asuransi

Saat ini mobilitas yang tinggi menuntut kita untuk memiliki mobil sendiri supaya akses perjalanan lebih mudah. Tapi jangan sampai kamu belum memiliki asuransi mobil. Untuk itu, penting bagi kita mendaftar asuransi dengan cara membuat surat polis terlebih dahulu. Berikut ini ulasan tentang pengertian dan contoh surat polis asuransi.

Pengertian Surat Polis Asuransi

Surat polis adalah surat perjanjian antara dua orang yang menyangkut pihak pendaftar asuransi dan maskapai asuransi yang bersangkutan. Singkatnya, surat ini berfungsi sebagai pertanggung jawaban dan perjanjian antara kedua pihak.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan atau OJK memaparkan bahwa polis asuransi merupakan akta perjanjian sebagai bukti tertulis dalam jaminan atas segala resiko. Surat ini juga berfungsi sebagai bukti pembayaran premi pihak perusahaan. Selain itu polis asuransi juga berlaku sebagai bukti otentik yang memiliki kekuatan hukum untuk menuntut pihak yang tidak memenuhi jaminan.

Dengan memahami polis asuransi, kamu juga bisa lebih memahami skema premi dan segala hal mengenai jaminan dua pihak. Oleh karena itu, penting bagi kamu yang ingin mendaftarkan asuransi supaya mengetahui cara membuat polis asuransi ini. lalu, bagaimana contoh surat polis asuransi?

Contoh Surat Polis Asuransi

Surat polis asuransi sendiri sebenarnya memiliki banyak jenis, pada contoh surat polis asuransi mobil ini masuk dalam kategori asuransi kendaraan bermotor. Dalam polis asuransi ini terbagi menjadi tiga bab utama.

1.   Bab 1

Pada bab pertama isi surat polis asuransi harus memaparkan tentang berbagai kemungkinan resiko yang terjadi pada mobil yang bersangkutan. Pasal 1 memberikan penjelasan tentang kerugian dan kerusakan pada kendaraan, seperti kecelakaan, pencurian atau kebakaran mesin.

2.   Bab 2

Pada bagian dua ini, memberikan penjelasan mengenai resiko yang tidak dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi. Pasal dua ini memaparkan hal-hal yang bukan tanggung jawab perusahaan, apabila mobil mengalami bencana alam, atau perang.

3.   Bab 3

Sedangkan pada bab terakhir ini berupa penjelasan aturan polis berdasarkan pasal-pasal yang mengatur tentang hal ini. Misalnya pasal 4 mengenai aturan pembayaran premi. Kemudian selanjutnya pasal yang mengatur tentang pemberitahuan kecelakaan, ganti rugi, resiko yang ditanggung sendiri, penggelapan, pencurian, subrogasi, perpanjangan otomatis dan lainnya.

Sudah Tahu Bagaimana Contoh Polis Asuransi?

Untuk menghindari kemungkinan buruk, mengasuransikan mobil melalui agen asuransi mobil terbaik bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi khawatir tentang pengurusan berkas, seperti membuat contoh surat polis asuransi ini. Namun meski begitu tidak ada salahnya memahami pembuat surat polis sebelum memutuskan untuk mendaftarkan asuransi mobil. Agar semuanya bisa kamu pahami dengan jelas, dan meminimalisir kesalahpahaman di kemudian hari.