Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah OJK 2021

 

Bunga pinjaman internet selalu menjadi kontroversi karena dianggap jauh dari kata rendah, sangat tinggi, dan mencekik, bahkan financial technology yang berkinerja baik dalam kredit langsung dituding melakukan riba internet. Untuk membuktikannya, saya melihat ke 8 aplikasi pinjaman mata uang online yang terdaftar di Lembaga Jasa Keuangan OJK untuk mengetahui berapa besar bunga pinjaman online. Apakah benar-benar setinggi yang dikeluhkan banyak orang? Di mana suku bunga terendah untuk pinjaman online?

Tidak ada produk keuangan yang tumbuh secepat fintech pinjaman online.

Saat ini terdapat lebih dari 160 teknologi keuangan P2P yang terdaftar dan diawasi oleh lembaga jasa keuangan OJK, meningkat signifikan dibandingkan dengan penerbitan OJK pertama pada akhir tahun 2016.

Dibandingkan dengan bank-bank ternama dan leasing dengan aplikasi kredit yang lama dan rumit, kemudahan dan kecepatan pembayaran langsung menjadi keunggulan financial technology dalam memberikan pinjaman.

Statistik OJK berikut ini menunjukkan secara lebih komprehensif pertumbuhan fintech loan dalam skala besar.

Namun, pinjaman online bukan tanpa kontroversi. Selain banyak kontroversi lainnya, salah satunya adalah bunga pinjaman online yang dinilai tinggi dan menyesakkan.

Ada juga banyak pinjaman ilegal yang berbahaya.

Berikut daftar pengajuan pinjaman online berbunga rendah tahun 2021, sebagai berikut:

  1. Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman tunai online 24 jam yang dapat mengalir secara instan.

Anda perlu mengunduh aplikasi untuk mendapatkan pinjaman online di Kredit Pintar. Pinjaman hanya memerlukan ID, tanpa hipotek, tanpa kartu kredit, tanpa cek BI, dan penyelesaian cepat dalam waktu 24 jam setelah persetujuan.

 

Dalam proses persetujuan dan pengeluaran uang tunai ke rekening nasabah, Kredit Pintar pada awalnya memangkas biaya pengelolaan yang disebut biaya provisi, sehingga dana yang diterima nasabah tidak sebesar persetujuan plafon pinjaman.

  1. Maucash

Untuk mendapatkan pinjaman pertama, Maucash hanya memberikan batas maksimal Rp 1.500.000. Untuk pinjaman kedua, dst, jumlah pinjaman dapat ditingkatkan hingga batas maksimal.

 

Maucash memotong biaya prabayar sebelum membayar tunai ke rekening pelanggan.

Oleh karena itu, dana yang diterima nasabah di rekening pembayaran tidak sebesar limit pinjaman yang disetujui.

  1. Julo

Julo adalah pinjaman cicilan tanpa jaminan yang terdaftar di OJK.

Berdasarkan pengalaman mengajukan pinjaman, saya mendapat nilai kredit, Julo Poin, B+, saya dapat memilih dua produk, yaitu:

Dari sini saya hitung bunga untuk 1 bulan (pinjaman saya 30 hari) adalah 16%.

Bunga bulanan 16% berarti dibandingkan dengan bunga pinjaman online ojk lainnya, bunga harian 0,53% relatif murah.

  1. Tunaiku

 

Tunaiku adalah pembayaran cicilan online tanpa jaminan dengan batas atas yang tinggi dan dapat dicicil hingga 20 bulan.

Saya mengajukan pinjaman di Tunaiku untuk mengetahui berapa bunganya.

Cara termudah untuk menghitung bunga lebih akurat adalah dengan menghitung angsuran bulanan selama jangka waktu pinjaman dan membandingkannya dengan dana yang dibayarkan ke rekening peminjam.

Suku bunga bulanan relatif rendah yaitu 4% per bulan.

Namun perlu diingat bahwa ada kewajiban 6 bulan, sehingga bunga nasabah harus dibayar minimal 25% total.

  1. PinjamanGo

Go Loan adalah salah satu P2P berlisensi OJK yang menyediakan pinjaman uang tanpa jaminan dengan persyaratan KTP yang cukup melalui aplikasi di seluruh Indonesia.

Go Loans hanya memberikan dua jangka waktu yaitu 14 hari dan 21 hari, dengan limit kredit Rp 1,2 juta hingga maksimal Rp 6 juta.

 

Cara menghitung pembayaran dan pelunasan kewajiban pelunasan pinjaman Go sangat berbeda dengan fintech loan pada umumnya.

Di Go Loans, batas atas yang disetujui akan langsung dipotong bunga atau biaya layanan di muka, dan peminjam akan mengembalikan jumlah batas atas yang disetujui.

  1. Rupiah Cepat

Rupiah Cepat adalah pinjaman online cepat dana yang diajukan dengan cara mencicil dan berjangka waktu 3 bulan.

Tidak ada pra-PHK seperti beberapa perusahaan fintech pinjaman online lainnya.

Bunga cepat Rupiah tergantung jangka waktu pinjaman, semakin panjang jangka waktu semakin rendah tingkat bunga harian, bahkan jika total bunga yang dibayarkan semakin besar.

  1. UangTeman

UangTeman adalah salah satu fintech fund pertama yang meluncurkan aplikasi pinjaman online likuiditas cepat dalam waktu kurang dari 24 jam.

Sebelum nasabah mengajukan kredit, terdapat simulasi pinjaman di dalam aplikasi yang dapat menghitung bunga, biaya layanan, dan kewajiban lainnya.

Dengan demikian, nasabah dapat secara transparan menghitung seluruh utang yang harus dilunasi pada saat jatuh tempo di muka.

 

Pada jenis pinjaman harian ini, nasabah harus melunasi di akhir masa pinjaman. Ini bukan pembayaran angsuran, tetapi pembayaran satu kali di akhir jangka waktu.

Kesimpulan

Saya melakukan survei terhadap 8 perusahaan fintech yang terdaftar dan diawasi oleh Badan Jasa Keuangan OJK untuk mengetahui seberapa besar bunga yang dibayarkan masyarakat atas pinjaman online yang dipercaya memberikan tingkat bunga yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, tidak semua dana pinjaman online dikenakan bunga yang tinggi. Ada pinjaman online berbunga rendah.

Semua perusahaan fintech yang saya survei di atas mengikuti kebijakan AFPI untuk membatasi bunga maksimal.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mengajukan kredit dari dana pinjaman online, sebaiknya Anda sudah mengetahui cara membebankan bunga kepada peminjam.