Berita

Apa Pengertian Fonologi, Hakikat & Objek Kajian Fonologi? Begini Penjelasannya

 

Fonologi adalah sistem tanda bunyi yang digunakan manusia untuk berkomunikasi, disebut bahasa, dan dalam pengajarannya secara inheren memiliki ruang lingkup sebagai objek kajian. Selanjutnya, tujuan bahasa adalah untuk mengembangkan kemampuan seseorang dalam mengungkapkan apa yang ada di dalam hatinya.

Bahkan melalui bahasa, seseorang dapat menyampaikan perasaannya sehingga dapat berkomunikasi dengan baik dan benar dengan seseorang.

Inilah sebabnya tidak sedikit orang yang menawarkan teori tentang bahasa. Bahkan ada fokus studi bahasa yang terpisah. Salah satunya adalah apa yang disebut fonologi.

Bukan hanya untuk mengetahui apa yang cocok dengan apa yang ada dalam kamus KBBI, namun jauh dari itu, orang yang ingin memahami kajian fonologi dapat dijadikan sebagai panduan belajar bahasa Indonesia.

Baca Juga : contoh daftar pustaka

Seperti yang kita ketahui bersama, dalam pembahasan fenologi sangat sulit bagi penulis untuk membahas lebih lanjut, karena sulit bagi penulis untuk memahami latar belakang penulis dan kedalaman pembahasan.

Oleh karena itu, penulis hanya membahas fonologi ketika membahas definisi atau definisi fonologi, dan mengambil objek penelitian fonologi sebagai topik topik ini. Penjelasannya adalah:

Apa itu fonologi?

Secara etimologis, konsep fonologi berasal dari dua kata Yunani yaitu “phone” dan “logos”. Telepon berarti “suara” dan logos berarti “ilmu”. Secara harfiah, konsep fonologi adalah ilmu tentang bunyi.

Sedangkan dari segi terminologi, konsep fonologi merupakan bagian dari linguistik yang mempelajari bunyi. Menurut Char, fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membahas urutan bahasa.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa fonologi adalah cabang linguistik yang mempelajari bunyi bahasa dan proses pembentukan dan perubahannya. Fonologi mempelajari keumuman dan fungsionalitas bunyi bahasa.

Apa interpretasi dari objek penelitian fonetik?

Objek pertama penelitian fonetik adalah font atau suara bahasa yang dikenal sebagai fonetik atau sound system. Objek penelitian fonetik adalah fonem, yang disebut fonem atau susunan pembentuk.

Fonetik juga kadang-kadang disebut sebagai tata suara, yang berarti bahwa fonetik adalah bagian dari fonetik yang mempelajari bagaimana bunyi ujaran dihasilkan atau bagaimana alat bicara manusia menghasilkan bunyi ujaran.

Dari objek penelitian fonetik kasus ini, terlihat bahwa fonetik Okumura dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu fonetik, yang mempelajari bagaimana bunyi-bunyi terbentuk dalam rongga mulut.

Yang kedua adalah fonetik eksperimental, yaitu fonetik yang mempelajari sifat-sifat bunyi bahasa berdasarkan ilmu-ilmu fisika di mana laboratorium fonetik memiliki banyak fasilitas eksperimental.

Sedangkan konsep fonologi mengacu pada bagian fonologi yang mempelajari tuturan ditinjau dari fungsinya sebagai pembeda makna. Keduanya adalah fonologi, yang memiliki dua cabang ilmu, fonetik dan fonologi.

Berdasarkan penjelasan di atas, fonetik adalah ilmu yang mempelajari produksi bunyi bahasa. Seperti yang kita ketahui bersama, fonetik tidak dapat dipisahkan dari teori fisika dasar. Karena teori fisika dasar yang mendeskripsikan suara pada dasarnya adalah pertanyaan tentang getaran dan keberadaan benda-benda yang menggetarkan udara di sekitarnya.