Uncategorized

Apa Itu Saham Blue Chip dan Karakteristiknya

Saham blue chip ialah istilah umum di pasar modal. Tetapi, untuk kamu yang baru ingin masuk ke dunia investasi saham, perlu tahu apakah itu saham blue chip.

Saham blue chip ialah saham lapis satu atau saham dari perusahaan besar yang labanya konstan . Sehingga saham kelompok ini umumnya ada dalam perincian Index LQ45 atau IDX30 dengan kapitalisasi besar.

Beberapa aktor pasar modal, terhitung investor setuju jika saham blue chip ialah saham perusahaan yang telah mapan dan sehat dari sisi keuangan atau esensial.

Masalahnya saham blue chip terbaik termasuk stabil untuk sampaikan laporan keuangannya, baik saat baik atau jelek.

Istilah blue chip tersebut sesungguhnya berawal dari perjudian poker. Di dunia judi, ada tiga keping koin (chip) yang warna merah, putih, dan biru. Keping warna biru nilainya terbesar antara lainnya.

Sekedar info, saham blue chip umumnya dibeli oleh pengurus investasi di perusahaan asuransi unit link. Resiko condong rendah dengan kekuatan keuntungan tinggi menjadi pertimbangannya.

Ingin tahu seperti apakah sich karakter saham chip biru ini? Lantas apa yang terhitung dalam perincian saham kelompok ini? Yok, baca pembahasan komplet dan info terbaru di sini!

Karakter saham blue chip

Lalu seperti apakah sebuah saham dapat disebutkan blue chip? Apa sich keuntungan melakukan investasi di instrumen ini? Agar dapat memahami silahkan kita baca pembahasan selengkapnya berikut ini.

Buat mengenal jika saham itu ialah blue chip, karena itu ada banyak hal yang perlu kamu lihat.

1. Punyai kapitalisasi besar

Sama seperti yang diterangkan di atas, saham ini sebagai saham dari perusahaan besar yang labanya konstan. Besar dan konstan itu harus dapat ditunjukkan dengan modal dan asetnya, dan kapitalisasi pasarnya.

Tujuannya kapitalisasi apa sich? Itu ialah harga perusahaan bila ingin “dibeli” secara utuh. Kapitalisasi dapat dihitung dengan mengalikan harga saham dalam jumlah helai saham yang tersebar di pasar.

Jika disebut kapitalisasinya besar, lalu berapakah rupiah sich kapitalisasi sebuah perusahaan itu dapat disebutkan besar? Buat penggolongannya tersebut umumnya saat kapitalisasinya capai Rp10 triliun ke atas karena itu sudah disebutkan besar.

Saham Blue Chip Terbaik, Karakter, dan Langkah Memperolehnya
Sedang jika kapitalisasinya di antara Rp500 miliar sampai Rp10 triliun, karena itu sahamnya akan digolongkan sebagai saham lapis dua. Dan buat Rp500 miliar ke bawah, pasti saja masuk lapis tiga.

2. Menempati lama di bursa

Sebenarnya, lama waktunya sebuah saham di bursa tidak lalu jadikan saham itu mendadak jadi blue chip. Tetapi jika sudah lama dan perusahaan itu alami kenaikan keuntungan dan perubahan yang berarti, nach baru dech sahamnya dapat ditetapkan akan jadi blue chip atau tidak.

3. Ramai diperjualbelikan

Ramai diperjualbelikan dapat disebutkan “likuid” . Sehingga, banyak investor perseorangan atau instansi yang mempunyai dan memperdagangkan saham ini. Beberapa saham kelompok blue chip selalu masuk di daftar teraktif di bursa.

Kemungkinan kamu pernah dengar istilah LQ45. Nach LQ45 ialah index yang didalamnya beberapa saham likuid. Rerata saham blue chip berada di index itu.

Tetapi bukan memiliki arti semuanya yang di LQ 45 itu blue chip ya. Kemungkinan ada saham yang memang waktu itu karena bidangnya kembali ramai, bukan lantaran keuntungan perusahaannya kembali naik.

4. Saham dari perusahaan yang menjadi pasar leader

Nach, parameter ini bisa saja langkah yang paling mudah buat tentukan sebuah saham itu dapat disebutkan blue chip. Sebutkan saja seperti Astra (ASII), atau PT Telkom (TLKM).

Ke-2 nya ialah perusahaan yang menjadi pasar leader di bidangnya. Beberapa produk mereka sering dipakai warga.

Atau sebutkan saja dech, jika perusahaan itu dapat “memonopoli” pasar, karena itu sudah tentu sahamnya ya jadi blue chip.

Comments Off on Apa Itu Saham Blue Chip dan Karakteristiknya