Software

Apa Itu Desain Grafis & Jenisnya

Pengertian desain grafis merupakan salah satu bentuk media komunikasi visual berupa gambar yang akan digunakan sebagai media yang cukup efektif untuk menyampaikan informasi atau pesan.

Dalam dunia desain grafis, semua elemen baik itu teks, bentuk, tabel dan lain sebagainya dianggap sebagai gambar. Ini karena elemen-elemen ini merupakan abstraksi dari simbol-simbol tersembunyi.

Untuk membuat desain grafis, seseorang harus memiliki kemampuan visual dan kognitif yang meliputi fotografi, tipografi, ilustrasi, pengolahan gambar, dan tata letak gambar.

Hal ini sangat diperlukan untuk menghasilkan desain yang menarik, unik dan informatif. Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak desain grafis PC untuk menghasilkan pekerjaan yang Anda harapkan.

Karena itulah sobat komputer pasti sudah mengetahui apa itu desain grafis. dan dibawah ini kita akan membahas jenis-jenis desain grafis lebih lanjut.

Jenis grafik

Grafis vektor

Grafik vektor dapat diartikan sebagai gambar yang dibentuk oleh kombinasi titik dan garis menggunakan rumus matematika tertentu sehingga sobat komputer dapat menghasilkan objek dua dimensi atau tiga dimensi, seperti persegi, lingkaran, segitiga, poligon, dan sebagainya. benda dua dimensi, bola, kubus, piramida, tabung dan sebagainya untuk benda tiga dimensi.

Untuk membuat proyek grafik vektor, komputer Anda membutuhkan lebih sedikit ruang RAM, tetapi beban prosesor lebih besar dari grafik bitmap.

Volume file yang dihasilkan juga lebih kecil, sehingga Anda dapat menghemat ruang harddisk saat membuat gambar dengan jenis vektor ini. Format file yang berbeda untuk jenis grafik vektor ini termasuk cdr, eps, wmf, pict, svg, dan lainnya

Grafik bitmap

Grafik raster dapat diartikan sebagai gambar yang terdiri dari kumpulan titik dan kombinasi piksel berwarna. Pada setiap titik gambar bitmap memiliki posisi dan warna tersendiri yang akan membentuk tampilan gambar. Jika Anda memiliki lebih banyak poin pada grafik, gambar yang dihasilkan akan lebih halus.

Sementara itu, sobat komputer Anda akan membutuhkan lebih banyak ruang memori untuk membuat desain grafis bitmap daripada grafis vektor.

Tidak hanya itu, volume file yang dihasilkan juga akan lebih besar sehingga membuat penggunaan ruang hard disk menjadi boros. Beberapa contoh format file untuk desain grafis bitmap jenis ini antara lain jpg, jpeg, BMP, gif, pcx, dan lain-lain.

Demikian ulasan mengenai pengertian desain grafis lengkap dengan jenis-jenis desain grafis. Semoga review diatas bermanfaat bagi sobat komputer dimanapun berada.

Jika Anda membutuhkan template powerpoint keren bisa kunjungi tautan tersebut, untuk mendapatkan download tema powerpoint yang keren abis.