Uncategorized

8 Tips Jitu Belajar Bahasa Asing

Waktu berjalan selama pandemi Covid-19 dapat dimanfaatkan untuk mempelajari hal-hal baru, salah satunya adalah belajar bahasa asing. Namun, mempelajari bahasa asing juga membutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk bisa menguasainya. Ada banyak cara untuk belajar bahasa asing, mulai dari mengambil pelajaran hingga mengajarnya secara mandiri.

Namun belajar bahasa asing tanpa bantuan seperti di lembaga pembelajaran bahasa asing bisa menjadi tantangan tersendiri baginya. Namun, itu tidak berarti Anda tidak bisa belajar bahasa asing sendiri. Berikut cara mulai belajar bahasa asing

1. Download aplikasi

Untuk mempelajari kosakata, struktur kalimat, dan tata bahasa, Anda dapat mengunduh aplikasi dukungan. Biasanya melalui aplikasi pembelajaran bahasa asing lebih baik dan memiliki waktu yang lebih fleksibel dibandingkan belajar di dalam kelas.

Kecepatan Anda mengembangkan kosakata juga dapat ditentukan sendiri. Yang perlu disiapkan hanyalah perangkat pendukung.

2. Menonton TV atau film berbahasa asing

Jika menonton film adalah hobi Anda, inilah saat yang tepat untuk serius belajar. Film berbahasa asing dengan subtitle bisa menjadi pilihan.

Jangan lupa untuk mengulang dan memberi waktu istirahat untuk menuliskan kosakata dan ekspresi Anda seperti dalam bahasa Inggris, serta aksen Anda. Jangan lupa berlatih meniru kosakata dan kalimat dengan nada yang tepat.

3. Bermain Game dan trivia

Gim ini mampu mengembangkan kosakata, memilih gim favorit Anda dari yang tak terlupakan hingga yang sepele. Anda mungkin bermain dengan penutur asli (pengguna bahasa asli), sehingga Anda dapat mendengar frasa dan ekspresi secara alami saat bermain game.

4. Baca resep dan ikuti vdeo memasak berbahasa asing

Menonton video tutorial memasak dalam bahasa asing memang menyenangkan. Selain menonton, praktik memasak yang kita praktikkan bisa membuat kita lebih terkoneksi dengan kosakata dan kalimat yang kita dengar melalui proses memasak.

Beli buku resep jika Anda suka belajar teks, atau tonton video jika Anda lebih cepat belajar dengan jenis audiovisual. Menarik, belajar bahasa asing dan menyantap makanan yang kita masak.
Temukan teman online dari berbagai negara

5. Mulai mencari teman online

Usahakan untuk mencari penutur asli (native speaker) agar percakapan tidak cenderung membuat stres. Selain itu, Anda juga bisa mengukur dasar yang kokoh dengan respon percakapan yang diadakan. Sekarang, ada banyak situs web dan platform online untuk mencari teman untuk berkomunikasi. Ingatlah untuk berteman dengan penutur asli bahasa yang Anda pelajari.

6. Tentukan motivasimu belajar bahasa asing

Secara alami, Anda pasti akan kesulitan untuk tetap termotivasi untuk bertindak. Namun, memiliki alasan yang jelas mengapa Anda melakukannya, sebagai pemula, dapat memotivasi Anda lagi.

Jadi, pikirkan mengapa Anda belajar bahasa baru. Apakah Anda ingin bekerja di perusahaan multinasional? Apakah Anda ingin meningkatkan pemahaman Anda tentang budaya dan keluar dari zona nyaman Anda?

7. Tentukan apakah kamu ingin mempelajari bahasa asing secara verbal, tulisan, atau keduanya

Keterampilan berbicara bahasa sangat berbeda dengan keterampilan menulis. Jadi, penting untuk memutuskan apa tujuan utama Anda belajar bahasa asing. Ini ada hubungannya dengan motivasi Anda untuk belajar bahasa asing Anda sendiri.

Jika motivasi Anda untuk mengembangkan karir, belajar bahasa asing secara lisan dan nonverbal juga penting. Ini juga kasusnya jika Anda ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. Ini karena Anda akan dihadapkan pada persyaratan untuk lulus ujian bahasa asing yang sesuai dengan negara tujuan Anda.

Sebaliknya, jika Anda ingin belajar bahasa baru selama WFH untuk meluangkan waktu, Anda dapat memilih untuk hanya mempelajarinya secara lisan atau tertulis.

8. Jangan takut membuat kesalahan

Salah satu masalah paling umum saat mempelajari bahasa baru adalah ketakutan membuat kesalahan. Nyatanya, Anda tidak akan mendapatkan pengalaman baru jika tidak belajar dari kesalahan Anda. Jadi, jangan takut membuat kesalahan saat belajar bahasa asing, bahkan saat berbicara dengan penutur asli.

Penutur asli biasanya tidak ragu menawarkan bantuan untuk memperbaiki kesalahan Anda. Ingat, pelatihan membuat sempurna! Anda tidak akan berkembang jika Anda tidak ingin belajar dari kesalahan Anda. Jadi, ada 7 cara belajar bahasa asing sendiri.

Selain 7 cara tersebut, masih banyak cara lain untuk memudahkan Anda mempelajari bahasa asing.

Ingin memperdalami kosa kata diberbagai bahasa Internasional & Daerah? Bisa kunjungi situs maknaa.com pada tautan tersebut.

Comments Off on 8 Tips Jitu Belajar Bahasa Asing