tips otomotif terbaru
otomotif

8 tip penting untuk merawat kendaraan Anda

8 tip penting untuk merawat kendaraan Anda

Pemeriksaan perawatan dan perawatan rutin diperlukan untuk menghindari potensi masalah keandalan mobil.

Rencana pemeliharaan kami akan membantu Anda menjaga mobil Anda dalam kondisi yang baik dengan membantu memelihara hal-hal terpenting seperti: sistem oli dan pendingin yang sehat, ban dan baterai yang aman dan lampu depan yang berfungsi, wiper dan indikator kaca depan.

  1. Bagaimana cara memeriksa radiator dan sistem pendingin Anda

Perhatian: Jangan pernah melepas tutup radiator saat mesin panas. Biarkan dingin selama beberapa jam untuk menghindari cedera.

Pemeriksaan cepat pendingin radiator semudah melihat ketinggian botol plastik overflow di sebagian besar mobil. Level cairan pendingin harus berada di antara tanda tinggi dan rendah.

Setelah mesin dingin, Anda dapat melepas tutup radiator dan memeriksa ketinggian radiator juga. Jika level rendah, isi ulang dengan cairan pendingin yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan

Jika mobil Anda sering kehilangan pendingin, mungkin ada kebocoran di suatu tempat yang mungkin merupakan pertanda masalah yang lebih besar yang memerlukan penilaian profesional. Saat kap mesin dibuka, periksa selang dan pipa – seperti yang mengarah ke dan dari radiator dan pemanas – saluran bahan bakar dan pipa apa pun yang terkait dengan power steering atau rem.

Untuk mendapatkan info mobil daihatsu, anda bisa langsung ke Daihatsu Kudus.

Noda dapat mengindikasikan kebocoran, dan selang yang lembut, bengkok, bengkak atau retak harus diganti oleh mekanik yang memiliki reputasi baik. Jika mobil Anda sering kehilangan pendingin, mungkin ada kebocoran di suatu tempat yang mungkin merupakan pertanda masalah yang lebih besar yang memerlukan penilaian profesional.

Saat kap mesin dibuka, periksa selang dan pipa – seperti yang mengarah ke dan dari radiator dan pemanas – saluran bahan bakar dan pipa apa pun yang terkait dengan power steering atau rem. Noda dapat mengindikasikan kebocoran, dan selang yang lembut, bengkok, bengkak atau retak harus diganti oleh mekanik yang memiliki reputasi baik.

  1. Bagaimana cara memeriksa oli mesin Anda

Parkir mobil Anda di permukaan tanah

Nyalakan mesin, biarkan berjalan sebentar, lalu matikan

Saat mesin hangat, lepaskan tongkat celup dan seka bersih dengan kain bersih atau handuk kertas. Masukkan kembali tongkat ukur – pastikan sudah dimasukkan sepenuhnya, jika tidak, Anda akan mendapatkan pembacaan yang salah

Lepaskan tongkat celup dan periksa level oli. Itu harus di antara tanda rendah dan tinggi. Jika level oli rendah, isi ulang oli Anda tetapi pertama-tama periksa manual pemiliknya untuk mengetahui kadar oli yang benar. Jangan nyalakan mesin jika tidak ada oli pada tongkat celup! Mesin tanpa oli bisa macet dan sangat mahal untuk diperbaiki

  1. Periksa tekanan dan kondisi ban mobil Anda

Tekanan ban yang salah dapat mengurangi umur ban Anda dan membuat mobil Anda kurang aman untuk dikendarai. Tekanan ban yang benar untuk mobil Anda terletak pada plakat ban, yang biasanya terdapat di dalam salah satu pintu depan. Jika Anda tidak dapat menemukannya, periksa manual pemiliknya. Sebaiknya Anda membawa pengukur tekanan ban pneumatik / mekanis dasar di mobil Anda karena pengukur bengkel mungkin tidak akurat.

Anda juga harus memeriksa apakah tapak ban Anda cukup . Kedalaman tapak minimum yang legal adalah 1,5 mm di bagian mana pun dari permukaan ban – sebaiknya Anda mengganti ban sebelum aus sejauh ini. Ban memiliki indikator kedalaman tapak pada lekukan di antara tapak.

Ketika tapak dipakai sejajar dengan sebuah indikator, sudah waktunya untuk ban baru. Periksa juga ban Anda apakah ada keausan dan kerusakan yang tidak normal seperti retakan atau tonjolan, yang dapat mengindikasikan masalah suspensi. Memutar ban secara rutin membantu menyebarkan keausan dan memperpanjang umur ban, dan ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk melakukannya sebelum perjalanan besar.

Memasukkan roda cadangan dan ban dalam rotasi dapat memperpanjang umur seluruh set sebanyak 20 persen, karena Anda sekarang menyebarkan keausan lebih dari lima daripada empat ban, meskipun terkadang hal ini tidak memungkinkan karena roda dan ban memiliki ukuran yang berbeda atau mobil Anda memiliki cadangan sementara.

Menggunakan cadangan juga membantu menjaga ban tetap lentur – ban cadangan yang tertinggal di bagasi selama bertahun-tahun dapat mengering, sehingga lebih mungkin terjadi ledakan.

  1. Memeriksa kondisi aki mobil

Perhatian: Baterai Anda berpotensi berbahaya, jadi jangan periksa di dekat nyala api atau rokok yang menyala. Baterai menghasilkan gas yang mudah meledak saat diisi dayanya, dan cairan di dalamnya bersifat korosif, jadi hindari kontak dengan mata, kulit, pakaian, dan permukaan yang dicat.

Jika baterai Anda memiliki tutup, lepaskan dan periksa apakah cairan di dalamnya cukup dalam sehingga pelat di dalamnya benar-benar terbenam. Beberapa baterai tanpa tutup yang dapat dilepas memiliki indikator di bagian luar casing agar Anda dapat dengan cepat memeriksa kesehatan baterai.

Mobil Daihatsu Sigra memang sangat diminati, murah dan banyak promonya. Bisa cek Dealer Daihatsu Palembang untuk info penting lainnya.

Jika level baterai rendah, isi ulang dengan air suling (bukan air keran) tetapi jangan sampai terlalu penuh. Ganti tutupnya dan periksa apakah klemnya kencang pada terminal baterai. Bagian atas aki harus bersih dan kering serta terminalnya harus bebas korosi, yang dapat berupa zat berwarna putih atau kebiruan.