8 Cara Diet Cepat untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan

Masih banyak orang yang kesulitan menurunkan berat badan, padahal sebenarnya ada beberapa cara mudah lho. Selama dilakukan secara bertahap dan konsisten, cara menurunkan berat badan ini tidak akan membuat Anda merasa tersiksa.

Daripada repot-repot melakukan diet yang terlalu ketat, lebih baik Anda menerapkan cara mudah menurunkan berat badan yang tidak menyiksa, namun justru lebih efektif. Hanya saja, dalam melakukannya perlu komitmen dan disiplin, agar berat badan bisa turun dan mencapai berat badan ideal.

Berbagai Cara Mudah Menurunkan Berat Badan

Berikut beberapa cara mudah menurunkan berat badan yang bisa Anda terapkan :

1. Minumlah air sebelum makan
Menurut penelitian, minum air putih sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan. Minum air putih sebelum makan dapat membuat Anda lebih cepat merasa kenyang, sehingga keinginan untuk makan dalam jumlah banyak dapat dikurangi. Kemudian, perlu Anda ketahui juga bahwa terkadang rasa haus tampak menyerupai rasa lapar. Jadi ketika Anda mulai merasa lapar, daripada langsung makan, coba atasi dengan minum air putih terlebih dahulu. Dengan menerapkan cara ini, jumlah kalori yang Anda konsumsi saat makan juga bisa dikurangi.

2. Jangan lupa sarapan
Tahukah Anda sarapan adalah bagian penting dari penurunan berat badan? Dengan sarapan teratur, keinginan untuk makan makanan atau jajanan yang tidak sehat berkurang. Membiasakan sarapan juga akan membuat Anda tidak terlalu lapar di siang hari. Efeknya, keinginan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan saat makan siang juga akan berkurang.

3. Konsumsi makanan yang tepat
Jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein dan berserat. Makanan berprotein, seperti putih telur, yogurt, daging tanpa lemak, makanan laut, kedelai, kacang-kacangan atau keju, dapat membantu tubuh membakar lemak dan menjadi sumber energi. Selain makanan yang tinggi protein, perbanyak juga konsumsi makanan berserat. Makanan berserat bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, namun kandungan kalorinya rendah. Contoh makanan kaya serat adalah sayuran, buah, makanan gandum, kacang-kacangan, dan gandum.

4. Makan dalam porsi kecil
Menurut penelitian, makan dengan piring atau mangkuk kecil bisa membuat Anda terbiasa makan dengan porsi kecil, sehingga jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan berkurang. Makan porsi kecil tapi sering, yaitu 4-5 kali sehari, lebih baik membantu menurunkan berat badan daripada makan porsi besar 3 kali sehari.

5. Makan perlahan
Selain makan dengan porsi kecil, makan secara perlahan dan perlahan juga dapat menunjang penurunan berat badan. Dengan kebiasaan makan seperti ini, tubuh bisa memiliki lebih banyak waktu untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak, sebelum Anda makan terlalu banyak.

6. Tidak perlu menghindari makanan tertentu
Saat menjalani diet, Anda tidak harus menghindari makanan yang Anda sukai. Jika Anda menjauhi makanan tersebut, keinginan Anda untuk mengkonsumsinya akan semakin kuat. Jadi kuncinya bukan menjauh, tapi membatasi. Misalnya, Anda dapat membeli kue satu per satu, daripada membelinya dalam kotak atau toples.

7. Tidur yang cukup
Selain menjaga pola makan, pastikan waktu tidur Anda juga cukup. Soalnya, kalau kurang tidur, produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan bisa meningkat. Efeknya, Anda akan mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam jumlah banyak. Tentu saja hal ini akan membuat diet penurunan berat badan Anda berantakan.

8. Olahraga teratur
Bukan rahasia lagi bahwa olahraga selalu dikaitkan dengan penurunan berat badan. Berolahraga secara teratur akan membantu membakar kelebihan kalori yang tidak bisa dipangkas hanya dengan melakukan diet. Cara mudah menurunkan berat badan di atas bisa Anda praktikkan sebagai bagian dari pola hidup sehat. Sebisa mungkin jangan tergiur dengan berbagai macam diet untuk menurunkan berat badan dengan cepat, karena berisiko mengganggu kesehatan dan membuat berat badan mudah naik kembali.

Jika dirasa perlu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk program penurunan berat badan. Dokter akan memberikan rencana diet yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Referensi : https://www.halodoc.com/artikel/8-cara-diet-cepat-untuk-bantu-turunkan-berat-badan