6 Tips Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil
Tips Trik

6 Tips Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Pada saat usia kehamilan semakin bertambah, terutama pada trimester ketiga, perut ibu akan semakin membesar. Anda tentu akan merasakan banyak perubahan dan juga rasa yang kurang nyaman ketika tidur. Anda bisa menggunakan bantal hamil saat tidur. Di Orami Magazine ini, Anda dapat menemukan beberapa tips seperti posisi tidur yang nyaman atau pemilihan bantal hamil.

Mengatasi Susah Tidur Saat saat Hamil

Tidur sangat penting bagi seorang ibu saat hamil. Anda tidak hanya sekadar beristirahat, tetapi ini juga penting untuk pertumbuhan anak Anda. berikut adalah beberapa tips agar Anda memiliki waktu tidur yang cukup:

1.     Olahraga Secara Teratur

Lakukanlah olahraga untuk ibu hamil secara teratur. Lakukan olahraga ringan agar badan Anda tidak terlalu sakit. Saat olahraga, peredaran darah akan lancar dan juga membawa oksigen ke seluruh tubuh serta menukar karbondioksida di paru-paru.

Bagi ibu hamil, olahraga bisa menurunkan tekanan dan melepas ketegangan yang dirasakan tubuh. Lakukanlah pada pagi hari atau sekitar tiga jam sebelum tidur.

2.     Usahakan Tidur Siang

Jika tidur malam Anda terganggu, usahakan untuk tidur siang sebentar. Tidur siang akan mengembalikan energi Anda dan juga mengistirahatkan badan Anda dari ketegangan. Tidur juga memberikan ketenangan pada saat siang hari. Jika Anda bekerja, Anda bisa mengatur waktu tidur saat istirahat.

3.     Menggunakan Bantal Hamil

Bantal hamil merupakan salah satu solusi agar tidur Anda tenang. Bantal ini bisa Anda gunakan saat trimester ketiga. Fungsi dari bantal ini antara lain bisa menopang perut, pantat, dan leher. Temukan tips lain mengenai bantal hamil di Orami Magazine.

4.     Menggunakan Aroma Terapi

Anda bisa menggunakan aroma terapi jika sudah menginjak trimester ketiga. Aroma terapi berfungsi untuk menenangkan diri Anda, perasaan mual, dan juga menenangkan gejala kecemasan.

Namun, Anda sebaiknya berhati-hati memilih minyak esensial untuk dihirup. Beberapa minyak esensial tidak cocok dihirup ibu hamil. Misalnya, citronella yang bisa memicu kontraksi atau rosemary yang bisa menaikkan tekanan darah.

Pilihlah minyak esensial lain yang aman dihirup seperti jahe, lavender, lemon grass, citrus, bergamot, eucalyptus, German atau Roman chamomile, dan juga black pepper. Sebelum Anda melanjutkan penggunaan aroma terapi, ada baiknya Anda mencari informasi atau konsultasi terlebih dahulu.

5.     Melakukan Relaksasi

Relaksasi bisa membantu Anda lebih mudah tidur. Anda juga bisa sekalian berlatih pengaturan napas. Latihlah pernapasan dalam melalui yoga atau meditasi.

6.     Jauhkan Smartphone

Menatap layar smartphone mungkin sudah menjadi kebiasaan Anda saat akan tidur. Apabila Anda sedang mengandung, lebih baik tidak menatap layar smartphone terlalu sering saat malam hari. Smartphone, TV, atau laptop akan menghasilkan layar biru (blue screen) yang bisa mengganggu Anda saat tidur.

Untuk bisa tidur nyenyak, istri juga harus dibantu suami. Mulai dari menata bantal tidur, berolahraga bersama, dan membantu beban istri. Untuk mengetahui tips mengenai kehamilan, Anda bisa membaca di Orami Magazine.