Manfaat Pijat
Kesehatan

5 Manfaat Kesehatan Teratas Dari Terapi Pijat 

Manfaat Pijat – Pijat bisa membuat seseorang lebih tenang dan lebih bisa mengendalikan emosi. Biasanya Anda butuh dipijat saat merasa pegal-pegal pada tubuh. 

Pegal dapat muncul bila otot mengalami cedera atau menegang akibat stres, olahraga, atau aktivitas fisik berlebihan. Pijatan yang bagus bisa membuat tubuh Anda lebih segar bugar.

Namun apakah Anda tahu bahwa pijat punya banyak manfaat selain menghilangkan pegal-pegal dan menenangkan pikiran? Terapi pijat bisa menghilangkan rasa sakit setelah berolahraga dan melancarkan aliran darah berdasarkan penelitian terbaru.

Manfaat Pijat
Manfaat Pijat

Ini adalah beberapa manfaat pijat yang bisa didapatkan:

1. Menurunkan stres

Kita semua mungkin pernah mengalami stres dalam hidup kita. Stres menyebabkan peningkatan kortisol dan ini dapat merusak tubuh dan pikiran kita dan menyebabkan disfungsi bahkan penyakit. Pijat dapat membantu mengurangi dan mengelola stres dengan berbagai cara. 

Pertama, manfaat fisik dari terapi pijat dapat membantu mengurangi respons stres yang dihasilkan tubuh dan pikiran kita dan benar-benar menurunkan kortisol. Manfaat pijat lain adalah bahwa pijatan memungkinkan seseorang untuk mendekompresi, bersantai, melepas lelah dan beristirahat. 

Ini penting pada saat stres untuk menyeimbangkan perasaan dan emosi lain yang mungkin timbul dari stres seperti kecemasan dan depresi. Mengurangi stres dan memerangi efek stres itu penting pada usia berapa pun.

Efek jangka panjang dari stres dapat membawa dampak emosional dan fisik. Terapi pijat dapat meredakan stres dan kondisi yang terkait dengannya, seperti sakit kepala karena tegang.

2. Meningkatkan fungsi kekebalan

Pijat membantu tubuh bekerja lebih efektif dan efisien sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti di kutip dari website kenseimassage.com dengan pijat bisa terjadi peningkatan sirkulasi, oksigenasi, penyembuhan sel dan aliran darah, penurunan kortisol bahkan berpengaruh pada sistem endokrin itu sendiri. 

Sistem kekebalan inilah yang melawan flu, virus, dan bahkan penyakit. Penelitian medis menunjukkan bahwa terapi pijat dapat membantu meningkatkan kekuatan sistem kekebalan dengan meningkatkan tingkat aktivitas “sel T pembunuh” alami tubuh, yang melawan virus.

3. Meningkatkan kesehatan dan kebugaran mental

Penelitian menunjukkan bahwa gejala stres, kecemasan, dan depresi (semua terkait dengan kesehatan mental) dapat dipengaruhi secara langsung dengan terapi pijat.

4. Mengurangi nyeri

Temuan terbaru menyoroti peran pijat dalam manajemen nyeri.

Terapi pijat dapat mengurangi nyeri dengan berbagai cara, seperti mengurangi ketegangan pada otot dan nyeri yang berhubungan dengan titik pemicu atau simpul. 

Pijat juga dapat membantu menghilangkan kepekaan area yang nyeri dan mengurangi hipersensitivitas pikiran-tubuh yang berhubungan dengan nyeri kronis. Nyeri dapat berdampak negatif pada kualitas hidup seseorang dan menghambat pemulihan dari penyakit atau cedera. 

5. Meningkatkan kebugaran fisik

Pijat dapat mengurangi ketegangan otot, meningkatkan kinerja olahraga, dan mencegah cedera.

Itulah deretan manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan pijat. Jadi Anda tak perlu ragu-ragu lagi untuk melakukan terapi pijat. 

Cobalah terapi pijat dan rasakan banyak manfaatnya untuk tubuh dan kesehatan pikiran. Terima Kasih.