5 Jenis Baja

 

Baja hadir dalam berbagai tingkatan yang ditentukan oleh jumlah karbon, pengotor, dan elemen paduan. Untuk memandu Anda, berikut adalah jenis utama baja:

Baja karbon

Ini menyumbang lebih dari 90% dari semua baja yang diproduksi. Ini hanya mengandung sejumlah kecil elemen paduan dan dapat dikategorikan ke dalam tiga kelompok yang bergantung pada jumlah karbon yang ada. Kelompok utama adalah:

Baja karbon rendah-mengandung 0,3% karbon
Baja karbon sedang-0,3-0,6% karbon
Baja karbon tinggi-mengandung lebih dari 0,6% karbon
Baja paduan

Baja ini mengandung rak gondola unsur paduan seperti silikon, nikel, titanium, kromium, aluminium, mangan, dan tembaga. Untuk memanipulasi sifat logam, elemen paduan tersedia dalam berbagai proporsi. Baja ini banyak digunakan pada jaringan pipa, transformator, motor listrik, suku cadang mobil, dan pembangkit listrik.

Baja perkakas

Ini mengandung kobalt, molibdenum, vanadium, dan tungsten yang tersedia dalam jumlah yang bervariasi untuk meningkatkan ketahanan dan daya tahan panas. Baja banyak digunakan dalam peralatan pemotongan dan pengeboran.

Baja kecepatan tinggi

Ini adalah subset superior dari baja perkakas. Salah satu fitur terbesar tentang itu adalah bahwa ia dapat menahan suhu tinggi tanpa kehilangan kekerasannya. Karena properti ini, itu banyak digunakan dalam pemotongan.

Baja kecepatan tinggi juga tersedia dalam berbagai jenis yang meliputi: M2, M36, dan M42.

Besi tahan karat

Ini mengandung antara 10 dan 20% kromium sebagai elemen paduan utama. Karena adanya jumlah kromium yang tinggi, logam ini sangat tahan terhadap korosi dan karat.

Baja tahan karat dapat dibagi menjadi tiga kelompok utama: austenitik, feritik, dan martensit. Austenitik mengandung 18% kromium, 8% nikel, dan kurang dari 0,8% karbon. Ini digunakan dalam pembuatan peralatan pengolahan makanan, sistem perpipaan, dan peralatan dapur.

Feritik mengandung 12-17% kromium, kurang dari 1% karbon, dan elemen paduan lainnya seperti aluminium, titanium, dan molibdenum. Salah satu keunikan dari tipe ini adalah tidak dapat dikeraskan dengan perlakuan panas, tetapi dapat diperkuat dengan pengerjaan dingin.

Baja martensit mengandung 11-17% kromium, kurang dari 0,4% nikel dan hingga 1,2% karbon. Tidak seperti feritik, bahan ini bersifat magnetis dan dapat diolah dengan panas. Ini terutama digunakan dalam pisau, alat pemotong, peralatan gigi dan bedah.

Kesimpulan

Ini adalah jenis utama baja. Saat membeli unit, Anda harus selalu mempertimbangkan tujuannya. Anda juga harus memastikan bahwa Anda membelinya dari toko terkemuka yang tidak akan menipu Anda.