5 Cara Cek Spesifikasi Hp Android dalam 1 Menit

Smartphone yang dirilis dari waktu ke waktu semakin baik dan lebih baik. Hal tersebut dibarengi dengan peningkatan kualitas dan Spesifikasi teknis dari ponsel tersebut.

Penting untuk mengetahui Spesifikasi ponsel Anda agar aplikasi dapat bekerja secara optimal. Cara mengecek ciri-ciri HP Android cukup sederhana. Anda dapat melakukannya dengan dan tanpa aplikasi pihak ketiga.

Cara Cek Spesifikasi Hp Android

Cara cek spek hp android bisa dilakukan kurang dari semenit. Berikut adalah 5 cara untuk melakukannya:

1. Periksa spesifikasi pada kotak ponsel.

Spesifikasi pada boks ponsel benar-benar tidak lengkap. Tetapi berisi informasi penting untuk menjalankan aplikasi dan aktivitas sehari-hari pengguna.

Sebagai aturan, kotak ponsel mencantumkan versi Android, jumlah RAM, jumlah ROM (memori), prosesor, jenis layar, kapasitas baterai, dan kamera.

2. Pengaturan HP

Jika Anda lupa menyimpan kemasan ponsel Anda, Anda dapat memeriksa spesifikasi ponsel Anda di pengaturan ponsel Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Buka “Pengaturan” atau “Pengaturan”

Gulir ke bawah hingga Anda menemukan “Tentang ponsel” atau “Tentang ponsel”, klik di atasnya

Di dalamnya akan berisi informasi tentang model ponsel cerdas Anda, nomor IMEI, informasi status, informasi hukum, informasi perangkat lunak, dan informasi baterai.

Untuk mengetahui spesifikasi versi Android, klik “Informasi Perangkat Lunak”.

3. Periksa Secara online

Anda dapat memeriksa situs web resmi perangkat. Namun, beberapa perangkat sudah mendukung pembaruan versi otomatis Android, sehingga data yang Anda terima mungkin berbeda.

4. Menggunakan nomor IMEI

Identitas Peralatan Seluler Internasional atau IMEI adalah nomor khusus untuk mengidentifikasi perangkat seluler. Setiap perangkat, Android atau iOS, memiliki IMEI sendiri.

Anda bisa mendapatkan nomor IMEI dengan dua cara. Cara pertama, buka menu telepon, tekan *#06#, lalu tekan nomor panggilan. Selanjutnya, nomor IMEI perangkat Anda akan ditampilkan.

Cara kedua, Anda bisa mendapatkannya di menu pengaturan ponsel. Buka “Pengaturan”, lalu gulir ke bawah hingga Anda melihat opsi “Tentang ponsel”. Ini akan menampilkan nomor IMEI untuk setiap slot kartu SIM.

Setelah itu copy nomor IMEI untuk cek di website imei.info. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka imei.info di browser.
  • Masukkan nomor IMEI di kolom yang sesuai
  • Klik tombol centang captcha dan ikuti sampai selesai
  • Klik Periksa. Spesifikasi lengkap perangkat akan ditampilkan.

5. Penggunaan aplikasi pihak ketiga

Salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk menguji performa ponsel adalah CPU-Z.

Untuk menggunakannya, Anda perlu mengunduhnya dari Play Store. Setelah instalasi, buka aplikasinya dan cari tahu Spesifikasi perangkat secara lengkap di menu yang tersedia, seperti SOC, SYSTEM, BATTERY atau DEVICE.

Anda bisa menggunakan 5 cara pengetesan spesifikasi HP Android untuk mengetahui secara lengkap kemampuan dan daya dukung perangkat tersebut untuk melakukan aktivitas Anda di perangkat tersebut.

 

referensi :  https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220322124354-190-775592/5-cara-cek-spesifikasi-hp-android-dalam-1-menit/2

editor : dafit