4 Langkah Membangun Branding Produk Agar Dikenal

Berikut adalah beberapa cara untuk merek produk Anda sehingga mudah dikenali!

Merek jam tangan apa yang Anda pakai saat ini? Rolex, Seiko, Philips, Willian 1985, Casio atau merek lain yang tidak dikenal?

Jika Anda diberikan secara gratis, apakah Anda lebih suka memakai jam tangan Rolex atau merek lain yang tidak jelas?

Tentunya semua orang akan merespon dengan memilih menggunakan jam tangan bermerek Rolex. Ya, wajar saja, mengingat Rolex adalah merek ternama.

Merek adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan, produk, layanan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan.

Inilah yang perlu Anda perjuangkan agar banyak orang tahu tentang brand Anda. Agar orang selalu mengingat brand Anda saat membutuhkan sesuatu.

Sayangnya, menciptakan sebuah brand yang akan dikenal banyak orang bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti sulit.

Pasalnya, butuh waktu lama bagi sebuah brand untuk dikenal masyarakat.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan sesuatu untuk terhubung dengan pelanggan potensial secara efektif.

Buat iklan yang menarik

Iklan adalah cara branding yang efektif untuk membuat lebih banyak orang tahu tentang produk Anda. Untuk perusahaan besar, membuat dan memasang iklan itu mudah.

Namun, bagi usaha kecil atau UKM, hal ini bisa menjadi beban karena harus menambah biaya pemasaran yang cukup tinggi.

Namun jangan khawatir, kini Anda bisa memanfaatkan iklan digital. Iklan digital cukup terjangkau, bahkan ada yang gratis.

Berpartisipasi dalam acara seperti pameran atau bazaar

Selain membuat dan memasang iklan, Anda juga dapat mengikuti acara seperti pameran dagang atau bazaar untuk mempromosikan merek produk Anda.

Pilih dan atur pameran atau bazaar yang akan diikuti bidang kegiatan Anda.

Misalnya bisnis Anda terkait dengan busana muslim, maka Anda bisa mengikuti pameran atau bazaar seperti pameran Islam, atau misalnya jika bisnis Anda terkait dengan bidang makanan, Anda bisa mengikuti beberapa festival makanan nusantara dan contoh lainnya.

Dalam bisnis pasti akan disediakan stand, anda bisa memilih stand yang strategis dan menghiasinya dengan indah, tentunya usahakan sesuai dengan branding produk anda.

Dengan cara ini, pengunjung akan tertarik dan popularitas merek atau produk akan dikenal.

Memberikan nilai tambah selain menjual produk

Saat membangun brand image, sebaiknya konten yang Anda buat dapat membangun hubungan antara konsumen dengan bisnis Anda.

Artinya, tidak hanya membuat konten yang berisi tentang produk dan jual beli produk, tetapi juga mengandung nilai-nilai pendidikan atau nilai-nilai lain yang dapat meningkatkan citra positif merek Anda.

Misalnya, terkadang Anda dapat membagikan pesan nilai religius, nasihat, kutipan yang menyemangati, dan sebagainya. Ini akan membuat hubungan lebih kuat dan lebih lama.

Menarik perhatian konsumen

Penjualan Anda adalah hasil dari kebutuhan konsumen, jadi konsumen mencari brand atau merek Anda berdasarkan konsumen.

Pahami kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga konsumen dapat menjadikan brand Anda nomor 1 di benak mereka. Selain itu, Anda juga dapat memberikan layanan yang bermanfaat secara sosial.

Sebab, menurut Aberdeen Group, perusahaan yang menyediakan layanan sosial memiliki pertumbuhan bisnis yang lebih tinggi daripada perusahaan yang tidak menyediakan layanan sosial.

Ingatlah bahwa ada banyak pesaing Anda di pasar, jadi Anda harus memenangkan konsumen.

Akan sangat mudah bagi konsumen untuk memilih merek selain milik Anda, jadi ubah pola pikir Anda dari produsen-sentris menjadi konsumen-sentris.

Proses branding memang tidak instan, namun jika dilakukan dengan serius maka dampaknya akan begitu besar yaitu. kesadaran merek, ketika merek produk Anda dikenal publik dan bisnis Anda menjadi lebih sukses.

Dengan bantuan buku harian, Anda dapat dengan mudah menyimpan catatan untuk kebutuhan bisnis kapan pun dan di mana pun.

Berikut adalah beberapa tips atau trik yang dapat Anda gunakan untuk merek produk Anda. Mungkin bisa membantu!

referensi : https://www.jurnal.id/id/blog/2018-4-langkah-membangun-branding-produk-agar-mudah-dikenal-banyak-orang/

editor : dafit