4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

Bekas jerawat di wajah seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat sulit terlihat. Untuk mengatasinya, ada cara alami menghilangkan bekas jerawat yang bisa Anda coba di rumah. Sehingga Anda dapat memiliki wajah yang bersih dan sehat.

Sebelum memutuskan facial di salon kecantikan, tidak ada salahnya mencoba berbagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami di rumah. Selain mudah dilakukan, facial yang menggunakan bahan alami cenderung lebih murah dan efek sampingnya lebih sedikit.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami.

1. Gunakan lidah buaya

Anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Lidah buaya dapat memudarkan flek hitam bekas jerawat karena mengandung aloin, senyawa yang dapat mencerahkan area gelap pada kulit dan mengurangi pigmentasi kulit.

Cara menggunakannya sangat mudah. Buang kulitnya dari daun dan ambil ampas lidah buaya yang bening. Selanjutnya, oleskan ampas tersebut ke bekas jerawat dengan gerakan memutar dan biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air. Ulangi cara ini 2 kali sehari.

Jika Anda tidak keberatan mengonsumsi lidah buaya langsung dari tanamannya, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya asli yang tersedia di pasaran. Namun, pastikan aman dan terdaftar di BPOM.

2. Pasang irisan lemon

Anda juga bisa menggunakan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Kandungan vitamin C dan antioksidannya diyakini cukup mampu memudarkan bekas jerawat di wajah. Anda juga bisa menggunakan jeruk purut sebagai alternatif untuk menghilangkan bekas jerawat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengoleskan irisan lemon segar pada bekas jerawat Anda. Sayangnya, mereka yang memiliki kulit sensitif sebaiknya tidak menggunakan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat, karena rentan terhadap iritasi.

3. Oleskan Soda Kue

Soda kue dapat bertindak sebagai exfoliant atau scrub untuk sel kulit mati untuk mengurangi bekas jerawat. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan soda kue dengan 2 sendok makan air. Oleskan campuran tersebut ke bekas jerawat, biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

Dianjurkan untuk mengoleskan pelembap wajah segera setelah menyelesaikan perawatan baking soda untuk mencegah kulit kering.

4. Buat masker madu

Madu tidak hanya dapat meringankan bekas jerawat secara alami, tetapi juga mempercepat penyembuhan luka, mengangkat sel kulit mati, dan mengurangi kemungkinan terbentuknya jaringan parut pada luka.

Untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami, oleskan madu pada bekas jerawat setiap hari atau gunakan madu sebagai masker wajah. Masker madu sangat mudah digunakan. Setelah mencuci muka dengan sabun dan air, oleskan madu murni pada wajah dan diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

Secara umum, banyak bahan alami di atas yang aman digunakan pada kulit. Namun, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap bahan tertentu. Jika Anda alergi, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter.

Di sisi lain, menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami jelas memakan waktu. Jadi silahkan lakukan berbagai cara di atas untuk menghilangkan bekas luka di wajah dengan mantap dan tentunya dengan sabar.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika bekas jerawat tidak kunjung hilang setelah rutin rutin menggunakan metode penghilang bekas jerawat alami. Ini akan memungkinkan dokter Anda untuk menentukan jenis perawatan yang tepat untuk jenis kulit wajah Anda.

 

referensi :  https://news.detik.com/berita/d-6418151/truk-sedot-wc-buang-tinja-di-dekat-hutan-kota-jaktim-sopir-ditangkap

editor : dafit