Travelling

3 Wisata Utama di Lampung

Sebelum membahas, kami juga menyediakan sewa mobil lampung dengan pengalaman bertahun-tahun, tentu memiliki tingkat keamanan & kenyamanan yang berkualitas.

Lampung merupakan salah satu provinsi di selatan Pulau Sumatera yang memiliki keindahan alam, endemisme bahkan budayanya yang unik. Bisa dibilang Lampung memiliki ciri khas yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia.

Saat ditemui tim Phinemo di Lampung Krakatau Festival 2017, Gubernur Lampung, Muhammad Ridho, Sabtu (26/8), dia menjelaskan beberapa destinasi utama Lampung yang wajib dikunjungi wisatawan.

1. Gunung Krakatau dan Pulau Sebesi

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Krakatau. Kawasan di sekitar Krakatau merupakan cagar alam. Krakatau saat ini masih aktif dan masih mengeluarkan abu vulkanik dan gempa bumi. Jarak aman untuk menjelajahi gunung ini kurang lebih 2-3 kilometer.

Saat menjelajahi tim Phinemo di Gunung Anak Krakatau, kami dimanjakan oleh sifat Anak Krakatau yang luar biasa. Tanahnya benar-benar berpasir dan sebagian berwarna merah bata karena aktivitas gunung berapi yang aktif. Meski begitu, keindahan alamnya tidak bisa dipungkiri. Di puncak Gunung Anak Krakatau, pengunjung bisa melihat Pulau Panjang dan Krakatau Utama, serta laut yang indah.

Pulau Sebesi, sekitar 10 mil atau satu jam perjalanan dari Krakatau, seringkali menjadi tempat teraman untuk melihat aktivitas Krakatau.

Selain menyaksikan aktivitas Krakatau, pengunjung bisa snorkeling, hiking ke Pulau Sebesi, dan melihat air terjun untuk bermain kano.

Bagaimana cara ke Krakatau dan Sebesi?

Untuk menjelajahi kawasan sekitar Gunung Krakatau dan Pulau Sebesi, Anda dapat melakukan perjalanan dari Pelabuhan Bakauheni menuju Dermaga Canti Kalianda dan memesan perahu yang biasanya memiliki beberapa lokasi lain selain Pulau Sebuku dan Umang-umang. Harga untuk trip ini biasanya Rp 3 jutaan.

Saat meninggalkan kota Bandar Lampung, langsung menuju ke Dermaga Canti Kalianda dan pesan perahu.

Penginapan:

Di kawasan Krakatau belum ada wisma, jadi Anda bisa bermalam di Pulau Sebesi. Rata-rata homestay di Pulau Sebesi mulai dari Rp 200.000 per malam.

2. Kota Bandar Lampung

Perjalanan ke Lampung tentu belum lengkap kecuali Anda singgah di ibu kota Provinsi Bandar Lampung. Di sini pengunjung bisa merasakan budaya Lampung yang kental. Berbagai festival budaya digelar untuk memperkenalkan wisatawan pada budaya Lampung. Salah satu contohnya adalah Festival Krakatau Lampung yang berlangsung setiap tahun.

Festival budaya seperti Lampung Krakatau Festival biasanya menampilkan tarian, kuliner yang nikmat, permainan daerah, bahkan kain daerah yang terbuat dari Lampung yang dibuat dengan cara tradisional.

Di Bandar Lampung, pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga.

Cara Menuju Kota Bandar Lampung:

Saat turun dari Bandara Raden Inten II, pengunjung hanya perlu naik kendaraan menuju kota Bandar Lampung. Berkendara biasanya hanya sekitar 45 menit dari bandara.

Penginapan:

Penginapan di Bandar Lampung sangat beragam, ada yang mahal, ada yang murah. Harga properti di sini mulai dari 120.000 hingga 1 juta rupiah.

3. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan adalah Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman nasional ini dilindungi di bawah perlindungan hutan hujan tropis.

Taman nasional ini memiliki pantai, hutan hujan dataran rendah, dan hutan hujan pegunungan tempat tinggal gajah sumatera, badak sumatera, dan harimau sumatera. Dengan sedikit keberuntungan, pengunjung juga bisa melihat Rafflesia Arnoldi dan Semar Bags di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Cara menuju Bukit Barisan Selatan National Park:

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan berjarak 170 kilometer dari kota Bandar Lampung. Pengunjung dapat melakukan perjalanan angkutan umum pertama ke Kota Agung di Kabupaten Tanggamus di Terminal Rajabasa.

Kantor pusat TNBBS berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda 19, Kota Agung, Tanggamus. Laporkan dan setujui TNBBS sebelumnya.