3 Jenis Ganguan Mental yang Paling Umum Terjadi pada Manusia, dan Gejalanya!
Kesehatan

3 Jenis Ganguan Mental yang Paling Umum Terjadi pada Manusia, dan Gejalanya!

Ganguan mental atau nama kerenya adalah mental illness merupakan sebuah kondisi yang menyerang kondisi jiwa dan fisikis manusia lebih ke arah ketidak stabilan emosi.

Penybabnya ini sangatlah random bisa karena faktor bawaan lahir sampai dengan kondisi yang terjadi pada orang tersebut seperti hilang ingatan karena kecelakaan, kemudian depresi kemudian menjadi gila dan masih banyak penyebab lainya.

Dalam data dunia kesehatan terbaru saat ini, gangguan mental ini sendiri merupakan jenis penyakit serius yang menyebabkan kematian luamayan tinggi karena tidak ada sebab dan musabab tiba tiba pendiritanya dengan mudah mengakhiri hidupnya.

Sudah jelas mental illness adalah kondisi kesehatan jiwa yang berbahaya bukan hanya bagi penderitanya melainkan bagi orang lain.

Sehingga para penderita gangguan mental ini mendapatkan perawatan khusus di rumah sakit jiwa sampai mereka benar benar sembuh total.

Tentu saja kejadian seperti ini tidak akan menjadi keinginan semua orang. Kita mungkin hanya bisa melakukan tindakan preventif saja, misalkan dengan membeli asuransi kesehatan yang mencover bukan hanya mereka yang berada dalam masalah kejiwaan saja.

Karena ketika kita melihat cover yang diberikan BPJS sampai saat ini belum ada yang memberikan jaminan kebabasan biaya berobat sampai sembuh total kepada pendirita mental illness ini, jadi asuransi adalah jalan terbaik menurut kami.

Adapun beberapa jenis gangguan jiwa yang populer saat ini antara lain:

  • Yang pertama adalah depresi

Kondisi depresi yang berkepanjangan lama kelamaan kalau tidak ditangani akan menimbulkan masalah serius. Orang yang depresi berat tidak memiliki kontrol penuh terhadap dirinya, terhadap apa yang mereka pikirkan dan lakukan.

Setiap detik yang ada hanya rasa cemas, merasa bersalah, kemudian was-was yang tidak berkesudahan sehingga orang depresi bisa jadi lupa segalanya termasuk keluarganya sendiri.

Depresi tingkat awal akan memberikan dampak tidak ada rasa humor dalam diri seseorang, waktu habis digunakan untuk diam, merenung dan tidak ada tawa yang keluar sampai depresinya benar benar hilang dan ini sangat susah di hilangkan meskipun dengan bantaun psikiater.

Faktor penyebab depresi sendiri sangat banyak memang, mulai dari masalah sosial ekonomi, kondisi yang membuat penyesalan mendalam dalam hidup yang tidak bisa ditebus, sampai dengan kondisi lainya dimana membuat akal sudah tidak berfungsi dengan baik dan sehat.

Apalagi jika lingkungan tidak ada dukungan sama sekali terhadap penderita depresi ini maka akan bertambah parah.

  • Panik berlebihan atau bahasa keranya panic attack

Hati-hati dengan kondisi jiwa yang mengalami masalah panik yang berlebihan karena ini sangat berbahaya sekali membuat penderitanya tidak akan pernah merasa tenang dalam hidupnya.

Kejadian sekecil apapun akan di anggap serius kemudian menimbulkan kondisi panic attack ini menjadi semakin menggila.

Ciri-ciri sederhana kondisi jiwa panik berlebihan adalah adanya rasa ketakutan yang datang secara spontan, kemudian ini juga akan diikuti dengan reaksi pada tubuh orang tersebut. Dan dampaknya organ tubuh seperti jantung, kepala, saluran pernafasan akan bedampak juga.

Jantung berdebar kencang, kepala pusing, sesak napas adalah dampak dari kondisi panik berlebihan ini.

Maka ini tentu saja sangatlah berbahaya dan harus ditangani dengan cepat. Penyabanya juga banyak salah satunya depresi, kemudian pengaruh obat obatan berbahaya.

  • Ganguang Stress Pasca Trauma

Kondisi ini terjadi terkadang menjadi sebuah keadaan yang sangat menyakitkan bagi penderitanya. Stress ganguan pikiran yang di ikuti trauma mendalam menjadi pemicu kondisi ini terjadi. Kondisi orang yang mengalami gangguan stress juga sama saja dengan point yang pertama.

Penyebabnya sangat beragam, bisa jadi karena mendapatkan pelecehan seksual yang membuat dirinya merasa hancur dan sudah tidak berguna lagi.

Kemudian faktor trauma dengan kejadian masa lalu yang membuat otaknya terus mengulang dan mengulang kejadian itu terasa nyata di depan mata. Ini juga kondisi jiwa yang berbahaya dan harus di tangani dengan hati-hati.

Masih banyak sebenarnya jenis gangguan jiwa lainya yang terkait dengan mental illness ini namun yang umum kita temukan di Indonesia sampai sekarang 3 gejala tersebut.