Properti,  Tips Trik

Merk Pipa Terbaik Untuk Saluran Air Panas Dan Dingin

Wajar saja jika harga pipa air untuk saluran air panas dan dingin sedikit lebih mahal. Pasalnya bahan material pembuatnya memang berasal dari bahan khusus. Sebuah bahan yang tidak cepat rusak jika terkena air panas maupun dingin dalam jangka waktu lama.

Dulu pipa dengan bahan material logam menjadi pilihan utama pada saat membuat instalasi air panas. Material logam yang terdiri dari galvanis dan tembaga menjadi pilihan utama untuk diaplikasikan pada water heater.

Tetapi semakin ke sini, banyak masyarakat yang mulai meninggalkan pipa logam. Terlebih lagi sambungan pada pipa logam ini dikenal lebih rentan mengalami kebocoran. Hal ini disebabkan sambungan atau o-ring yang berbahan karet kurang mampu menahan tekanan air panas tersebut.

Pipa Berbahan Utama Polimer

Jenis pipa dengan material utama polimer atau plastik khusus pun kini secara perlahan menggantikan posisi pipa logam. Apalagi material polimer ini dikenal lebih lentur dan sangat sempurna untuk menahan tekanan air panas maupun dingin.

Selain itu material polimer ini dikenal anti karat dan tidak mudah terkelupas. Dan dibanding pipa berbahan material utama logam secara harga pipa juga jauh lebih ekonomis.

Dikarenakan pipa polimer ini memiliki tingkat keelastisan yang sangat tinggi, maka tidak mengherankan jika pipa mampu menahan benturan dari pergerakan tanah, misalnya saja seperti saat terjadi gempa.

Kini ada beberapa jenis pipa berbahan polimer yang bisa Anda pilih. Misalnya saja seperti PP-R (Polypropylene Random). Pipa ini dikenal mampu diaplikasikan sebagai sambungan antar pipa yang mengunakan alat pemanas khusus atau welding machine dengan suhu maksimal mencapai 2600 C.

Pipa Dengan Material Utama PP-R (Polypropylene Random)

Untuk membuat sanitasi air panas dan dingin, sangat direkomendasikan untuk menggunakan pipa yang terbuat dari bahan material utama PP-R (Polypropylene Random). Apalagi pipa ini memang khusus dirancang untuk sistem sanitasi dan suluran bertekanan pada:

  1. Perumahan, hotel, apartemen, rumah sakit, dan industri
  2. Sistem air minum dan makanan cair
  3. Sistem udara bertekanan
  4. Sistem transportasi asam dan cairan agresif
  5. Agrikultur (greenhouse dan taman)

Untuk membuat sanitasi dan saluran air bertekenan seperti ini maka butuh pipa dari bahan material uatma PP-R (Polypropylene Random). Dan pipa Rucika Kelen Green bisa menjadi salah satu pilihannya. Apalagi selain mampu bertahan hingga 50 tahun, harga pipa juga lebih ekonomis.

Comments Off on Merk Pipa Terbaik Untuk Saluran Air Panas Dan Dingin