Categories
Tips Trik

Langkah Untuk membuat Yoghurt

Fermentasi dari susu Yaitu Yoghurt memang sudah terknal dengan manfaat yoghurt selain rasanya yang segar. Hal ini karena adanya bakteri baik yang ada pada Yoghurt yaitu jenis streptococcus yang biasnaya digunbakan dalam pembuatan mentega, keju juga terdapat pada yoghurt. Juga terdapat baketeri Lactobacullius Bulgaricus yang merupakan salah satu bakteri yang berperan pentung dalam pembuatan yoghurt. Baketeri ini hidup di dalam susu yang mengeluarkan asam laktat uang dapat menngawetkan susu dan mengurai gula pada susu. Baik bakteri lactobacillys dan streptococcus keduanya juga bekerjasama dalam pembentukna rasa yoghurt.

Adapun langkah-langkah membuat Yogurt

  1. Siapkan susu yang sudah dicairkan dnegan air matang sebanyak 1 liter lalu tambahkan susu krim sebanyak 15%
  2. Masak dengan api kecil sambil diaduk terus selma 30 menit tetapi jangan sampai mendidih, Hal ini hanya akan berbentuk gumpalan splid yoghurt.
  3. Jika sudah, solid yoghurt lalu diangkat dan didinginkan kira-kira sampai hangat-hangat kuku baru kemudian ditambahkan bibibt yoghurt sebanyak 2-5% dari jumlah yoghurt yang sudah mengental tadi. Bibit yoghurt memang tidak dijula di pasaran secara bebas teteapi bisa anda peroleh disalah satu toko, Atau secara sederhananya kira dapat menggunakan yogurt plain (tanpa rasa tambahan), tanpa gula dan juga tanpa aroma sebagai bibit yoghurt.
  4. Diamkan selama 24 jam dalam wadah tertutup untuk menghasilkan rasa asam dan bentuk kental
  5. Semakin tinggi total solidnya maka cairan bening yang tersesa akan semakin sedikit dan yoghurt yang dihasilkan akan semakin bagus, Solid Yoghurt yang belum diberikan tambahan rasa ini dapat juga dijadikan bibit yoghurt untuk pembuatan selanjutnya.
  6. Setelah berbentuk yoghurt dapat ditambahkan sirup ataupun gula bagi yang tidak kuat sama asamnya, bahkan bisa ditambahkan dnegan perasa tambahan makanan seperti rasa jeruk, strawberry dan leci yan dapat kita peroleh di apotek-apotek, Yoghurt bisa disajikan tidak hanya sebagai minuman, tetepi juga dapat disajikan bersama salad buah sebagai sausnya ataupun sebagai bahan campuran es buah.
  7. Yoghurt yang sudah jadi dapat ditempatkan di wadah plastik ataupun kac, kalau kita ingin menggunakan wadah plasrik sebaiknya yang agak tebal, akan tetapi bila ingin menyimpan yoghurt untuk waktu yang lebih lama sebaiknya menggunakan wadah kaca.

Kebersihan merupakan hal yang wajib untuk diperhatikan, sehingga sebaiknya semua alat yang digunakan direbus terlebih dahulu dalam air mendidih selama 5-10 menit. Apabila kebersihan tidak dapat dijaga dapat mengakibatkan yoghurt tidak jadi, dengan ciri-ciri tidak berasam walaupun berbentuk solid di permukaan solid ditumbuhi jamur yang berbentuk binti-bintik hitam dan berbau asam yang sangat tajam, Untuk yoghurt yang kita buat sendiri penyimpanan nya selama 1 minggu.

Sanitasi/ kebersihan termasuk pada fakrit yang mempengaruhi gagalnya pembuatan yoghurt. Kebersihan dan alat-alat dan juga perangkat yang digunakan karena harus benar-benar steril, Usahakan untuk mencuci alat denan menggunakan ddan menggodoknya d dalam air mendidih. Selain alat faktor lingkingan juga diharuskan sehat serta bersih sehingga diharapkan tidak ada bakteri dari luar yang kaan masuk. Juga simpan yoghurt dalam lemari pendingin dnegan suhu sekitar 4-10 derajat celcius, dengan suhu ini bakteri-bakteri yoghurt tetap bisa hidup sehingga akan membri manfaat uang maksimall apabila dikonsumsi. Hal lain yang menjadi faktor selain keberihan adalah suhum waktu pemasakan, penambah rasa, dan bibit yoghurt sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *