Tips Trik

Kenali 5 Sumber Penghasilan Web Di Bawah Ini

Sebuah kekeliruan yang seringkali dilakukan oleh blogger pemula ialah melakukan monetisasi hanya dengan satu cara. Pada kenyataanya banyak cara yang dapat dilakukan dalam menghasilkan penghasilan dari aktivitas blog. Oleh sebab itulah, Anda dapat menggunakan jasa promosi juga agar sumber penghasilan semakin banyak dan cepat masuk ke rekening Anda. Kalau uang Anda sudah banyak, Anda juga yang merasa nyaman.

Sumber Penghasilan Web

Meskipun Anda membutuhkan traffic yang lumayan tinggi dalam memasang iklan pada blog Anda, akan tetapi ada juga iklan dari Google Adsense yang mungkin dipasang dengan penerbit skala kecil. Penghasilan tambahan dari blog juga dapat Anda tambahkan dengan beberapa cara yang akan diuraikan di bawah ini.

Pendapatan dari Iklan

Banyak blogger pemula yang memulai cara ini untuk mendapatkan penghasilan. Memperoleh penghasilan dengan cara ini dapat dikatakan tidak jauh berbeda dengan majalah atau koran yang berupaya menjual iklan. Ketika traffic Anda mulai naik, maka para perusahaan bersedia mengeluarkan biaya iklan agar produk dan layanan mereka bisa segera dilihat pembaca. Konsepnya, semakin naik traffic blog Anda, maka pengiklan pun semakin banyak.

Pendapatan dari Afiliasi

Promosi afiliasi merupakan penghasilan yang paling umum didapatkan oleh blogger. Maksud dari pemasukkan afiliasi ini berarti Anda membuat sebuah tautan yang dijual situs lain. Ketika pembaca Anda mampir ke blog Anda dan membeli produk tersebut maka Anda mendapat komisi dari penjual produk. Jadi, inilah salah satu cara yang tepat dalam melakukan monetisasi, karena program afiliasi mudah dalam proses sign-up nya.

Mengadakan Event

Poin ketiga ini bukan pilihan kebanyakan blogger dalam menghasilkan uang. Akan tetapi, sekarang ini semakin banyak blogger yang mendapat uang dari mengadakan event. Ukuran event yang dapat Anda lakukan mulai dari skala besar hingga pertemuan blogger dengan para pembaca. Uang yang dihasilkan bisa didapatkan dari penjualan tiket, jasa promosi, buku kalau Anda punya, maupun sponsor.

Recurring Income

Cara lain yang dapat Anda lakukan dalam mencari penghasilan melalui blog ialah recurring income atau biasa dikenal juga dengan sebutan continuity program dan membership program. Dalam hal ini berarti pembaca membayarkan sejumlah uang secara berkala untuk mendapat akses konten premium, baik per bulan maupun per minggu. Pendapatan seperti ini biasanya didapatkan oleh mereka yang menulis sebuah tutorial bermanfaat dari satu seri ke seri lainnya.

Jasa atau Layanan

Salah satu cara lainnya yang paling umum dilakukan oleh seorang blogger ialah menawarkan sebuah jasa atau layanan kepada pembaca. Bentuknya mulai dari pelatihan dan konsultasi, penulisan, desain, dan layanan freelance lainnya. Peminatnya pun cukup banyak, mengingat banyak juga orang yang memerlukan ilmu tersebut di tengah perkembangan dunia digital dan teknologi yang semakin pesat.

Demikianlah sumber penghasilan web atau blog yang dapat Anda capai dengan mudah. Tidak bisa dipungkiri cara-caranya memang mudah, asalkan Anda memiliki komitmen yang cukup tinggi dalam mengerjakannya. Para blogger sukses biasanya membutuhkan waktu sampai tiga atau empat bulan untuk mendapatkan hasil monetisasi. Cara mudah lainnya pun Anda bisa menggunakan jasa menaikkan traffic web agar segera mendapat penghasilan.

Di sisi lain, Anda harus siap bersaing dengan berbagai web atau blog yang lahir setiap harinya. Bersainglah secara sehat agar konten Anda mampu menempati halaman pertama Google. Buatlah artikel dengan optimasi SEO yang baik agar mudah terbaca oleh sistem Google.

Comments Off on Kenali 5 Sumber Penghasilan Web Di Bawah Ini